Beranda Berita Lagi, Israel langgar Hukum Internasional di Palestina

Lagi, Israel langgar Hukum Internasional di Palestina

Sumber foto: dok. ACT,  Al Jazeera
Sumber foto: dok. ACT,  Al Jazeera

Laporan:  Muhammad Farid Wajdi

PALONTARAQ.ID – Pelanggaran hukum internasional dan hukum humaniter internasional oleh Israel di wilayah okupasi Palestina terus menerus terjadi.

Pekan ini Palestinian Center for Human Rights (PCHR) kembali melaporkan sejumlah kejadian penindasan yang dilakukan pasukan Israel terhadap warga Palestina, sebagaimana dikutip Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Indonesia.

Pada laporan periode 28 Februari – 6 Maret ini, pasukan Israel melakukan setidaknya 67 serangan militer ke komunitas Palestina di Tepi Barat dan 4 serangan lainnya ke Yerusalem.

Pasukan Israel menangkap setidaknya 32 warga Palestina, termasuk 3 anak-anak dan seorang wanita, dari Tepi Barat, sementara 11 warga sipil lainnya ditangkap dari Yerusalem dan sekitarnya.

Lihat juga: Medan Jihad tiada henti di Palestina

Pasukan Israel setidaknya melakukan lima kali penangkapan pada Kamis (28/2), mereka menangkap sejumlah warga sipil tanpa alasan yang jelas.

Di hari yang sama, militer Israel yang ditempatkan di daerah perbatasan Deir al-Balah Timur melepaskan tembakan ke tanah pertanian, akibatnya para petani melarikan diri karena takut nyawa mereka terancam. Hal serupa juga terjadi Sabtu (2/3), sebelah timur Khan Younis di Jalur Gaza selatan.

Sumber foto: dok. ACT,  Al Jazeera
Sumber foto: dok. ACT,  Al Jazeera

Kabar duka juga masih berlanjut pada Jumat (1/3), pasukan Israel dilaporkan melukai 92 warga sipil, termasuk 26 anak-anak, 2 wanita, seorang jurnalis, dan 3 paramedis. Wartawan yang terluka diidentifikasi sebagai Mohammad al-Dwaik. Ia ditembak dengan peluru karet di kaki. Mohammad bekerja sebagai reporter di Ithad Press.

Tak lama kemudian, Al Jazeera melaporkan, seorang bocah laki-laki Palestina berusia 15 tahun ditembak tentara Israel pada Rabu (6/3) dalam sebuah protes malam di dekat perbatasan Israel di sebelah timur  Jalur Gaza. Sementara itu, penutupan terus dilakukan di wilayah okupasi Palestina.

Lihat juga:  Palestina Terkini: Kegentingan lingkup Jalur Gaza

Pasukan Israel terus memperketat penutupan Jalur Gaza dan menutup semua penyeberangan. Karam Abu Salem, penyeberangan komersial satu-satunya Jalur Gaza, juga dikabarkan sempat ditutup pada Selasa (4/3).

Israel juga menutup perbatasan Beit Hanoun (Erez) untuk sebagian besar warga Jalur Gaza Palestina.  Data PCHR menunjukkan, hanya 243 pasien yang diizinkan melintasi perbatasan Erez pada periode 28 Februari-6 Maret. Angka itu masih jauh lebih kecil dibanding jumlah pengusaha yang diizinkan melintas yakni lebih dari 1700 orang. (*)

 

 

Penulis Palontaraqhttps://palontaraq.id/
M. Farid W Makkulau, pemerhati budaya dan penikmat sejarah. Kerap kali menggunakan nama pena Etta Adil saat menulis reportase, karya fiksi dan laporan perjalanan. Pernah menggeluti 10 tahun dunia jurnalistik, sebelum memutuskan mengisolasi diri di lingkungan sekolah islam sebagai seorang guru Selengkapnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

HIGHLIGHT

Arti, Tujuan dan Fungsi menjadi Relawan Pendidikan

  Oleh: Etta Adil PALONTARAQ.ID - Relawan pada hakikatnya adalah kata lain dari Kemanusiaan. Kalau ada orang yang ikhlas, tulus, dan bekerja tanpa pamrih untuk menolong...

Kantin Putri IMMIM dinyatakan sebagai Kantin Sehat

  Laporan: Nurhudayah Lihat pula: Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel kunjungi Hotspot Center Putri IMMIM PALONTARAQ.ID - Satu lagi prestasi yang ditorehkan Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM...

Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel kunjungi Hotspot Center Putri IMMIM

  Lihat pula: Ketua TP PKK Sulsel kunjungi Ponpes Modern Putri IMMIM Laporan: Nurhudayah PALONTARAQ.ID - Dalam kunjungannya ke Kampus Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM Pangkep,...

Santri Putri IMMIM Ikuti Program Pesantren Sehat

  Laporan: Nurhudayah PALONTARAQ.ID - Sebanyak 20-an santriwati didampingi Guru/Pembina Pondok Pesantren Modern (PPM) Putri IMMIM dari perwakilan berbagai tingkatan, Rabu kemarin (18/11/2020) mengikuti dengan hikmat...