BerandaAkademiaMelihat Banyak Sisi Filsafat

Melihat Banyak Sisi Filsafat

Buku Filsafat
Buku Filsafat (foto: ist/palontaraq)

Oleh:  Muhammad Farid Wajdi

FILSAFAT  secara sederhana dimaknai sebagai “ilmu tentang berpikir mendalam”.  Sebagai suatu ilmu, Filsafat sudah berumur tua,  lahir dan dikembangkan oleh para pemikir Yunani, dan sebagian kecil orang mencibirnya sebagai pengetahuan menuju atheis.

Penikmat studi ini di Perguruan Tinggi memaknai Filsafat sebagai ilmu yang mempelajari  tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar.

Lihat juga: Pemahaman Dasar Logika dan Cara Berpikir

Stereotype bahwa dengan belajar Filsafat akan membentuk seseorang menjadi atheis, nampaknya perlu dilihat dari banyak sisi.  Di satu sisi, Filsafat dianggap sebagai hal yang penting dalam kehidupan, karena mampu menjawab segala pertanyaan dengan metode berpikir yang logis dan tidak terikat norma dan dogma.

Di sisi lain, banyak juga yang enggan belajar filsafat dan malahan menjauhinya karena adanya kekhawatiran dimenangkannya akal atas Tuhan, atau didahulukannya logika manusia diatas ajaran Tuhan (agama).

Baca juga: Filsafat dalam Pandangan Imam Syafi’i

Mereka yang belajar Filsafat, disatu sisi membentuk penikmatnya menjadi seorang yang kritis, mampu berpikir secara rasional dan logis, berpikir independen dan fleksibel, berwawasan luas, mampu menganalisis setiap permasalahan, menjadi seorang yang skeptis, memahami bahwa segala sesuatu yang terjadi berdasar sebab-akibat, serta selalu punya jawaban atas pertanyaan tentang kehidupan.

Disisi lain, tanpa belajar Filsafat secara khusus pun, bisa juga berbuat seperti itu, asalkan mengikuti metodologi ilmiah. Penulis menawarkan banyak sisi pembelajaran tentang Filsafat kepada pembaca.

Oleh karena itu, silakan dipelajari dan didalami banyak hal tentang Filsafat, termasuk buku-buku Filsafat yang bertebaran dimana-mana, baik yang ditulis oleh Agamawan, Ahli Filsafat, Sufi, Sastrawan, Budayawan, dan lain sebagainya.

Untuk hal tersebut, Penulis menyediakan beberapa e-Book Filsafat yang bisa didownload, untuk selanjutnya didalami dan dibaca ulang dibawah ini:

Selamat belajar Filsafat. (*)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT