BerandaKesehatanHerbaTips Praktis bagi Penderita Asam Lambung

Tips Praktis bagi Penderita Asam Lambung

 

Oleh:  Muhammad Farid Wajdi

PALONTARAQ.ID – PENYAKIT Asam Lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus.

Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung.

Penyakit asam lambung merupakan masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di masyarakat, umumnya disebabkan oleh tidak berfungsinya lower esophageal sphinchter (LES).

LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus, berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke lambung.

Setelah makanan masuk, LES akan menutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di lambung agar tidak naik kembali ke esofagus.

Tips Praktis

Bagi penderita asam lambung sebaiknya pada pagi hari, jangan minum atau makan apa-apa terlebih dahulu.

Buatlah larutan jeruk nipis dulu. Siapkan 150-180ml air hangat ditambah 1 buah jeruk nipis (diperas) dan 2 sendok makan madu. (Jika tidak ada madu, dapat diganti dengan sari kurma).

Campur jeruknya ke air hangat lalu tambahkan 2 sendok madu. Aduk hingga rata lalu minum pelan-pelan.

Tegukan pertama sampai ketiga dibuat kumur-kumur dahulu, baru kemudian sisanya dihabiskan. Pelan-pelan saja minumnya karena hal ini sangat bagus untuk melarutkan enzim baik dalam rongga mulut kita.

Perlu diingat disini agar jangan campur air jeruk nipis langsung dengan air panas, karena kandungan jeruk nipisnnya akan rusak dan tidak bermanfaat di tubuh kita lagi.

Lakukan rutin untuk maag/asam lambung ringan. Biasanya 2 pekan setelahnya sudah terasa manfaatnya, sedang bagi yang sudah parah biasanya sampai sebulan.

Asam Lambung. (sumber: ist/palontaraq)
Asam Lambung. (sumber: ist/palontaraq)

Ganti Menu Makanan

Pengobatan penyakit asam lambung memiliki tahapan. Cara awal yang paling mudah adalah dengan mengganti menu makanan, yaitu beralih ke makanan yang rendah lemak, tidak terlalu asin, maupun terlalu pedas.

Namun kalau perubahan menu makanan tidak berhasil, maka dari segi medis, obat-obatan akan digunakan untuk meredakan gejala yang dirasakan.

Bagi penderita yang mengalami penyakit asam lambung secara kambuhan, dokter kemungkinan akan meresepkan obat untuk jangka panjang.

Untuk sakit asam lambung tidak berlanjut, sebaiknya ikut tips praktis diatas.

Wallahu ‘alam bish-shawab. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT