BerandaKesehatanPengobatan dengan Madu Ruqyah

Pengobatan dengan Madu Ruqyah

Madu (sumber foto: downloadlengkap)
Madu (sumber foto: downloadlengkap)

Oleh:  Muhammad Farid Wajdi

Tulisan Terkait:

Muslim Dianjurkan Konsumsi ini: Madu, Air Zamzam, dan Kurma

PALONTARAQ.ID – YANG dimaksud dengan Madu Ruqyah ialah Madu yang telah dibacakan Ayat-ayat Ruqyah.  Jadi, bisa dibayangkan khasiatnya yang berlipat ganda.

Madu saja sudah semikian besar manfaatnya untuk kesehatan dan pengobatan, ditambah lagi mendapatkan perlakuan pembacaan ayat-ayat suci Alqur’an.

Mengapa Madu itu harus diruqyah? Tentu untuk mendapat khasiat berlipat, bukan saja untuk pengobatan fisik, menyegarkan badan, tapi juga dimaksudkan untuk mengobati penyakit non fisik, gangguan jin atau gangguan kejiwaan, sebagaimana disebutkan dalam Alqur’anul Karim tentang Madu yang kandungannya terdapat obat yang menyembuhkan.

“Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan.” (QS. An-Nahl [16]: 69)

Berikut ini beberapa khasiat madu murni ruqyah untuk kesehatan dan pengobatan, diantaranya ialah:

1. Membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah. Beberapa anggapan banyak mengatakan bahwa Penderita Diabetes Melitus tidak diperkenankan mengkosumsi makanan atau minuman yang manis, karena akan meningkatkan produksi insulin dan dapat menaikkan kadar gula dalam darah.

Sesungguhnya anggapan itu tak selamanya benar, karena madu murni yang merupakan sumber makanan yang memiliki cita rasa yang manis, baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Madu baik dikonsumsi oleh penderita diabetes dengan konsumsi secara teratur cukup dengan 1 sendok teh madu asli atau madu murni 1 kali dalam sehari.

Madu diperkaya dengan kandungan vitamin seperti vitamiin B1, B5 dan C yang mana sumber vitamin ini sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes tanpa khawatir gula dalam darah meningkat. Namun, ketika ingin mengkonsumsi madu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terkait.

2. Khasiat madu murni tak hanya baik bagi orang dewasa, namun baik pula untuk bayi dalam membantu proses tumbuh kembang otak si kecil. Karena bayi hingga menginjak usia 5 tahun sangat membutuhkan kandungan vitamin lengkap yang salah satunya bisa di dapat dari madu. Perkembangan dan Pertumbuhan otak si kecil yang sangat terkait dengan kecerdasan pikiran (IQ ) dan kecerdasan mental ( EQ ).

3. Madu bersifat antiinflamasi atau antiperadangan terutama untuk mengobati luka bakar agar tidak infeksi dan cepat mengering.

4. Madu juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan bagi anak-anak , selain itu madu juga mengandung vitamin B lengkap untuk membantu mempercepat proses pertumbuhan fisik dan menjaga kesehatan anak.

5. Khasiat madu murni untuk mengembalikan stamina dari kelelahan dan stress yang disebabkan pekerjaan yang terlalu menumpuk.

6. Tidak semua ibu memiliki kandungan yang kuat. Ada pula ibu yang kandungannya lemah, untuk itu ibu harus mengkonsumsi madu untuk memperkuat janin yang lemah dalam kandungan (rahim) ibu.

7. Membantu memberikan tenaga ekstra bagi ibu dalam masa kehamilan dan menyusui serta memperbanyak dan meperlancar pengeluaran ASI. Dan membantu asupan gizi yang tinggi bagi pertumbuhan janin yang sehat selama dalam kandungan.

8. Membantu mencegah terjadinya penyakit radang usus (colitis), maag dan tukak lambung. Khasiat madu murni juga memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan dan kinerja usus dan melindungi usus dari luka atau infeksi. Kandungan asam asetatnya membantu mengobati infeksi lambung.

9. Dapat menghilagkan rasa tidak enak pada obat-obatan yang dikonsumsi, membersihkan organ hati dari keracunan dan bakteri, memperlancar buang air kecil, dan mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh serta cocok untuk mengobati batuk berdahak.

10. Dapat digunakan sebagai pengganti odol yang dapat menguatkan gusi, menyehatkan dan memutihkan gigi. Tak hanya itu, dapat mencegah dan mengobati sariawan dan menghindari bau mulut.

11. Madu juga dapat dijadikan sebagai shampoo yang dapat menghilangkan ketombe, memanjangkan, dan melembutkan rambut serta menyehatkan kulit kepala.

12. Sebagai pelengkap dari menu makanan sehari-hari, karena diperkaya kandungan gizi lengkap dan mudah diserap tubuh sehingga dapat membantu mengoptimalkan sistem pencernaan tubuh.

13. Madu yang dicampur beberapa ramuan herbal seperti herbal untuk melancarkan pembuangan air kemih, menghancurkan batu ginjal dan batu kandung kemih.

Mengonsumsi Madu adalah Sunnah Rasulullah SAW (Thibbun Nabawi) dan anjuran (perintah) kesehatan yang telah difirman Allah SWT dalam Alqur’anul Karim, karena itu alangkah sia-sianya bagi seorang muslim yang tidak memperhatikan dan memanfaatkan madu untuk kebutuhan kesehatan dan pengobatannya.

Wallahu ‘alam bish-shawab. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

HIGHLIGHT