BerandaBeritaDaerahGolla Kambu: Kue Tradisional Mandar

Golla Kambu: Kue Tradisional Mandar

Golla Kambu. (foto: mfaridwmakkulau/ *)
Golla Kambu. (foto: mfaridwmakkulau/ *)

Oleh: Etta Adil

Tulisan sebelumnya:  Kue Tradisional “Nennuq-nennuq” dalam Perkawinan Adat Bugis Makassar

PALONTARAQ.ID – KALAU Anda mengunjungi daerah Sulawesi Barat, maka belum lengkap rasanya kunjungan anda ke daerah beretnis Mandar ini jika belum mencicipi Golla Kambu, Penganan tradisional khas Mandar.

Di Kabupaten Polewali Mandar, Golla Kambu menarik perhatian banyak orang dan menjadikannya sebagai buah tangan dari Mandar, bahkan permintaan akan Golla Kambu meningkat setiap dalam Bulan Ramadhan.

Bukan hanya dari dalam daerah tapi juga dari luar daerah karena sangat cocok dijadikan penganan berbuka puasa, dan yang pasti tahan lama.

Untuk membuat Golla Kambu sebenarnya sangat sederhana, praktis dan bahannya mudah diperoleh. Bahan dasarnya hanya tiga, yaitu beras ketan pilihan, kelapa parut yang masih muda dan gula merah.

Ketiga bahan Golla Kambu tersebut dicampur menjadi satu, dimasukkan dalam sebuah wadah kemudian dimasak sampai beberapa jam hingga terbentuk adonan adonan yang keras.

Hasil akhirnya itulah yang kemudian dibungkus dengan daun pisang kering dalam ukuran yang kecil kecil.

Kelebihan Golla Kambu ini yaitu meski tidak diberi bahan pengawet, penganan ini dapat bertahan hingga beberapa bulan.

Golla Kambu yang terkenal di Mandar adalah yang berasal dari Daerah Botto Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar (Polman).

Golla Kambu. (foto: ist/palontaraq)
Golla Kambu. (foto: ist/palontaraq)
Golla Kambu, Baye' Durian. (foto: ist/palontaraq)
Golla Kambu, Baye’ Durian. (foto: ist/palontaraq)

Lihat pula: Kue Pengantin Makassar:  Roti-roti dan Bannang-bannang

Beberapa pembuat/pengrajin malahan mencampurnya dengan buah durian dalam adonan sehingga Golla Kambu nantinya pun rasa durian. Ada yang menyebutnya Baye’ Durian, rasanyapun khas Durian sehingga terasa lebih nikmat dan manis di lidah.

Penasaran ingin mencicipinya? Anda bisa memesannya saat melewati Jalan Poros Majene, Kecamatan Campalagian Kabupaten Polman, Sulawesi Barat.

Golla Kambu ini sangat cocok untuk buah tangan, bukan hanya karena tahan beberapa minggu bahkan bisa tahan dalam beberapa bulan.

Bagi penulis dan sebagian besar travelers yang ke wilayah Mandar, Golla Kambu akan terasa lebih mantap dinikmati bersama teh atau kopi tawar karena yang namanya Golla Kambu pasti sangat manis, jadi tak perlu teh manis atau kopi manis. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT