BerandaKulinerNikmatnya Cendol saat Berbuka Puasa

Nikmatnya Cendol saat Berbuka Puasa

Cendol siap olah yang dipasarkan. (foto: mfaridwm)
Cendol siap olah yang dipasarkan. (foto: mfaridwm)

Oleh:  Ummu Adil

DALAM  Bulan Ramadhan, kehadiran cendol sebagai salah satu menu berbuka puasa tak terhindarkan, selain sirop dan es buah. Hampir semua pasar dan gerai toko, ada menjual cendol yang siap olah.

Kenyataannya memang cendol banyak yang suka, mungkin karena praktis membuat dan menikmatinya. Bagi yang ingin sendiri membuat cendol dari tepung beras sebagai menu berbuka puasa, kali ini Palontaraq berbagi tentang cara membuat dan menyajikannya.

Es Cendol tepung beras khas Malino, Gowa. (foto: mfaridwm)
Es Cendol tepung beras khas Malino, Gowa. (foto: mfaridwm)

Adapun Bahan Cendol adalah 130 gram tepung beras atau sekitar 9 sendok makan tepung beras, 2 sendok makan tepung tapioca, 1/2 sdt garam, dan 650 ml air, 15 ml pasta dan pewarna pandan yang kebanyakan bisa dikurangi.

Untuk bahan kuah gula merah adalah 650 ml air, 2 buah gula merah, disisir atau dikeruk, 5 sdm gula pasir sesuai selera, 2 lembar daun Pandan (kalau tidak ada daun pandan, bisa juga ditiadakan), sedang untuk Bahan kuah santan adalah 400 ml santan kental kaleng, 1/2 sdt garam, dan 2 lembar Daun Pandan.

Cara membuat cendolnya siapkan mangkuk masukkan tepung beras,tepung tapioka kemudian tambahkan air 300 ml, aduk hingga tepung larut.

Siapkan panci yg berisi 350 ml air. Tuangkan larutan tepung yang ada di mangkuk.masukkan kedalam panci.tambahkan garam dan pewarna pandan. Aduk dengan api sedang hingga meletup-letup dan adonan menjadi kental padat.

Bahan cendol dimasukkan dalam mangkuk, siap dicampurkan dengan santan dan kuah gula merah. (foto: mfaridwm)
Bahan cendol dimasukkan dalam mangkuk, siap dicampurkan dengan santan dan kuah gula merah. (foto: mfaridwm)

Setelah itu, siapkan juga air es di Baskom. Tuang adonan cendol di cetakan lalu tekan-tekan dengan sendok. Bisa menggunakan alat lain seperti dot yang dilubangi, spuit, atau bolongan tempat nasi . Lama proses cetaknya dan tidak sama bentuknya, lakukan hingga habis.

Diamkan sebentar lalu saring. Selanjutnya pindahkan dalam wadah yang berisi air sedikit. Tutup rapat wadahnya lalu simpan didalam kulkas.

Cendol juga enak dinikmati dengan diberi tape. (foto: mfaridwm)
Cendol juga enak dinikmati dengan diberi tape. (foto: mfaridwm)

Untuk kuah gula merah, pertama-tama didihkan air masukkan gula merah yg sudah disisir dan gula pasir.aduk hingga mendidih dan gula larut. Matikan kompor. Saring kuah gula merah atau bisa juga langsung.

Setelah kuah gula merah siap, selanjutnya siapkan juga kuah santan dengan cara masak semua bahan sampai mendidih dengan apI sedang sambil terus diaduk.supaya santan tidak pecah.

Terakhir, sajikan cendol dengan kuah santan dan gula merah. Praktis bukan? Selamat menikmati selagi cendol masih dingin atau bisa juga ditambahkan es batu secukupnya biar lebih segar nikmatnya. Es cendol nikmat disajikan sebagai bagian dari menu berbuka puasa. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT