BerandaBeritaDaerahDilantik, Pengurus DKPK Pangkep Periode 2022-2027

Dilantik, Pengurus DKPK Pangkep Periode 2022-2027

Laporan: Ramadhan M

PALONTARAQ.ID – Setelah seniman dan pegiat budaya audiens dengan Bupati Pangkep dan aktif rapat berkala selama tiga bulan terakhir, akhirnya kemarin, Ahad (13/11/2022) bertempat di Aula Appakabaji Kantor Dinas Pendidikan Pangkep resmi digelar Pelantikan Pengurus Dewan Kesenian dan Pemajuan Kebudayaan (DKPK) Kabupaten Pangkep.

Terbentuknya DKPK ini tak terlepas dari tuntutan UU No. 15 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan serta sudah tidak aktifnya kepengurusan Dewan Kesenian sebelumnya. “Alhamdulillah, kepengurusan DKPK Pangkep kali ini telah mewadahi aspirasi dan tuntutan pegiat budaya dan seniman daerah, dengan adanya komite seni tari, teater, musik, cagar budaya dan nilai tradisional, fotografi dan film, dan lain sebagainya,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkep, Dr. Sabrun Jamil, S.Pi., M.Si dalam sambutannya di hadapan pengurus dan undangan yang hadir.

Ketua Umum DKPK terpilih Nurlita Wulan Purnama, S.I.Kom., M.I.Kom mengharapkan agar segenap pengurus Dewan Kesenian dan Kemajuan Kebudayaan (DKPK) Kabupaten Pangkep bisa berkontribusi dan memberikan yang terbaik untuk kesenian dan pemajuan kebudayaan di Kabupaten Pangkep, baik itu melakukan karya, atau kegiatan-kegiatan yang bisa membawa seni dan budaya lebih maju lagi.

Pelantikan Pengurus DKPK Periode 2022-2027. (foto: ist/*)
Pelantikan Pengurus DKPK Periode 2022-2027. (foto: ist/*)
Bupati Pangkep, H. Muhammad Yusran Lalogau saat memberikan sambutan. (foto: ist/*)
Bupati Pangkep, H. Muhammad Yusran Lalogau saat memberikan sambutan Pelantikan DKPK. (foto: ist/*)

Sementara itu, Bupati Pangkep, H. Muhammad Yusran Lalogau, S.Pi., M.Si seusai melantik 55 Pengurus Dewan Kesenian dan Pemajuan Kebudayaan Kabupaten Pangkep mengharapkan agar seluruh pengurus aktif bekerjasama dengan berbagai pihak memajukan kembali Kebudayaan Daerah Pangkep serta juga menggelar berbagai event seni, dan harus mengembalikan kejayaan dan prestasi berkesenian Pangkep, bukan hanya di tingkat lokal dan provinsi, tapi juga tingkat nasional dan internasional.

“Beberapa kesenian tradisional yang memang menjadi ikon dan ciri khas Pangkep, serta tidak ada di kabupaten lain di Sulawesi Selatan harus kita lestarikan dan pertahankan pakemnya. Jangan dibuat atau dimodifikasi menjadi seni kreasi, karena keasliannya itulah yang menjadi pembeda dengan kesenian tradisional lainnya. Jangan sampai juga diklaim menjadi milik kabupaten atau daerah lain. Silakan aktif berkegiatan dan majukan seni budaya Pangkep, insya Allah Pemerintah Kabupaten siap mendukung, terkait anggaran, fasilitas dan kebutuhan yang diperlukan,” ungkapnya.

Bupati Pangkep dan Jajaran Pengurus DKPK. (foto: ist/*)
Bupati Pangkep dan Jajaran Pengurus DKPK. (foto: ist/*)

Mendampingi Ketua Umum DKPK, Nurlita Wulan Purnama, S.I.Kom., M.I.Kom, ada Ketua I, Muhammad Farid Wajdi, S.H.I.,M.M., Ketua II, Andi Surya Dewan, S.Pd., dan Ketua III, Ibrahim A. Daud, S.Pd yang sebelumnya ketiganya adalah Konsultan dan Tenaga Ahli dalam Penyusunan Pokok-pokok Pemajuan Kebudayaan Daerah (PPKD).

Pelantikan Pengurus DKPK berlangsung semarak disertai Launching Logo DKPK karya Ahmad Anshari, S.Pd., M.Pd, dan  beberapa persembahan, Tari Empat Etnis dari IMMIM, Tari Kreasi dari Sanggar Seni Ambarala, Pembacaan Puisi dan Sosio-drama, serta Perayaan Ulang Tahun Ketua Umum DKPK, Nurlinta Wulan Purnama. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT