BerandaBeritaDaerahMasih SMP, Putri IMMIM Sudah Mahir Bawakan Tari 4 Etnis Sulsel

Masih SMP, Putri IMMIM Sudah Mahir Bawakan Tari 4 Etnis Sulsel

Laporan: Andi Adil M

Related Post: Mengenal Tari 4 Etnis di Sulawesi Selatan

PALONTARAQ.ID – Santriwati Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM Minasatene Pangkep seperti tak pernah kehabisan cara untuk berprestasi, baik dalam kampus maupun di luar lingkungan kampus pesantren. Hal ini seperti terlihat pada Hari Ahad lalu (2/10/2022) dalam Field Trip ke Makassar-Gowa, sejumlah 45 santriwati SMP Kelas 8 tersebut tak hanya berwisata, tapi juga menampilkan kemahirannya membawakan Tari 4 Etnis Sulawesi Selatan di beberapa tempat.

Tari 4 Etnis Sulsel yang dibawakan santriwati Putri IMMIM tersebut ditampilkan di depan Baruga Sombaopu dalam Kompleks Benteng Sombaopu dan Museum Balla Lompoa Sungguminasa, kedua lokasi ini berada dalam lingkup wilayah Kabupaten Gowa. Tari 4 Etnis juga ditampilkannya di Lego-lego, Kompleks Center Point of Indonesia (CPI)-depan Masjid 99 Kubah, Kota Makassar.

Tari 4 Etnis Sulsel tersebut dibawakan oleh 4 santriwati Kelas 8 SMPS/MTs Pontren Modern Putri IMMIM Pangkep, yaitu Malika Azzahra (asal Pangkep), Paulia Mumtahana Mulya (asal Makassar), Nayla Fadhiyah Ilham (asal Maros), dan Afifah Maisyarah Fadwansyah (asal Mamuju). Sebelumnya mereka juga pernah membawakan Tari 4 Etnis Sulsel dalam Ajang Pekan Literasi Pangkep (PLP) 2022.

Lihat pula: Lagu Daerah dalam Tari 4 Etnis Sulawesi Selatan

Yang menjadi Pengarah Tari adalah M. Farid W Makkulau, Humas Pontren Modern Putri IMMIM Pangkep yang juga dikenal sebagai Pemerhati Budaya, sedang Videografer digarap oleh Andi Hasbi Jaya, seorang Youtuber. Pakaian dan Tata Rias oleh Indriani Larasati dan Anita Yusuf. Penampilan Tari 4 Etnis Sulsel mereka dapat disaksikan di Kanal Youtube, Channel Putri IMMIM.

Field Trip atau Karya Wisata ini sebenarnya bisa dikatakan salah satu bentuk implementasi Merdeka Belajar. Kami memberikan kebebasan anak-anak untuk berkarya. Sebagai guru, kami tinggal mengarahkan dan memberinya dukungan penuh, termasuk dukungan media dan publikasi,” ujar Farid, yang juga berperan sebagai Pimpinan Rombongan Field Trip.

Selain menampilkan Tari Empat Etnis Sulsel, Puluhan santriwati Kelas 8 Pontren IMMIM Pangkep ini juga belajar sejarah lokal dengan berkunjung ke Museum Kota Makassar, Museum La Galigo-Fort Rotterdam, Museum Karaeng Pattingaloang-Benteng Sombaopu dan Museum Balla Lompoa Gowa. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT