Beranda Berita Daerah Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel kunjungi Hotspot Center Putri IMMIM

Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel kunjungi Hotspot Center Putri IMMIM

 

Lihat pula: Ketua TP PKK Sulsel kunjungi Ponpes Modern Putri IMMIM

Laporan: Nurhudayah

PALONTARAQ.ID – Dalam kunjungannya ke Kampus Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM Pangkep, Rabu (18/11/2020), salah satu yang menjadi perhatian Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Lies F Nurdin adalah Pusat Layanan Internet Pesantren (PLIP) Putri IMMIM.

Pusat Layanan Internet Pesantren (PLIP) lebih familiar disebut Hotspot Center merupakan area pembelajaran informatika bagi santriwati, untuk semua pembelajaran yang membutuhkan akses internet.

“Hotspot Center ini satu area berinternet yang tak terpisahkan dengan Perpustakaan Fatimah Azzahra. Untuk Area outdoor, luasnya mencapai 13 x 5 m dan untuk area indoor luasnya mencapai 10 x 3 m dan 7 x 5 m,” ungkap Muhammad Farid Wajdi, Humas Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep.

Humas Pesantren, Muhammad Farid Wajdi saat berbincang-bincang dengan Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Lies F Nurdin. (foto: ist/palontaraq)
Humas Pesantren, Muhammad Farid Wajdi saat berbincang-bincang dengan Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Lies F Nurdin. (foto: ist/palontaraq)

Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Lies F Nurdin, terkesan area outdoor Hotspot Center Putri IMMIM ini yang menampilkan begitu banyak pesan agar berinternet secara sehat dan aman.

“Jadi, Anak-anak jika mau berinternet harus kesini ya, kenapa tidak boleh berinternet di asrama atau di ruang kelas?” tanyanya bertubi-tubi kepada Muhammad Farid Wajdi, yang juga penanggung jawab TIK Pesantren.

“Hotspot Center ini memang menyediakan fasilitas akses internet untuk area terbatas, agar lebih mudah pengawasan dan pemantauannya. Dilarang keras berinternet di ruang lain, apalagi di asrama untuk menghindari ekses negatif dari pemakaian internet secara tidak sehat dan tidak aman,” jawabnya.

Lies F Nurdin, Ketua TP PKK Sulsel didampingi Ketua YASDIC IMMIM Pangkep bincang-bincang dalam Aula Besar Putri IMMIM (foto: humaspesantren)
Lies F Nurdin, Ketua TP PKK Sulsel didampingi Ketua YASDIC IMMIM Pangkep bincang-bincang dalam Aula Besar Putri IMMIM (foto: humaspesantren)

Kapasitas Internet di Hotspot Center untuk saat ini hanya 50 Mbps dan akan ditingkatkan lagi sesuai kebutuhan pembelajaran online ataupun blended learning, gabungan pembelajaran tatap muka dengan daring.

Hotspot Center ini ada pengaturan jadwal tersendiri bagi guru/pembina yang membutuhkan akses internet ketika mengajar daring, sekaligus sebagai pelayanan bagi santriwati secara gratis saat menghubungi dan dihubungi oleh orangtuanya, pada jam-jam yang telah ditentukan.

Mengikuti Webinar Program Pesantren Sehat
Santriwati Putri IMMIM saat Mengikuti Webinar Program Pesantren Sehat di Hotspot Center. (foto: ist/palontaraq)

“Hotspot Center ini juga telah melaksanakan fungsinya sebagai area peningkatan pemahaman Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) bagi semua pelajaran yang diterima santriwati, baik Mata Pelajaran Umum maupun Mata Pelajaran Kepesantrenan,” ungkap Farid.

“Ke depan, Hotspot Center ini akan menjadi area kawasan berinternet yang sehat dan aman dengan pengakuan yang luas dari berbagai stakeholder.”

“Area ini juga sebagai area peningkatan prestasi santriwati secara daring, mengakses dan mempelajari berbagai aplikasi pembelajaran, mengikuti ragam kegiatan edukasi dan lomba secara online, kepesertaan webinar dan workshop online, serta manfaat lainnya,” tambahnya.

Diterima di Ruang Ketua YASDIC IMMIM Pangkep. (foto: humaspesantren)
Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Lies F Nurdin saat diterima di Ruang Ketua YASDIC IMMIM Pangkep. (foto: humaspesantren)

Ketua YASDIC IMMIM Pangkep, Dra Hj Sri Hajati Fachrul Islam mengharapkan agar Hotspot Center ini juga menjadi tempat pengolahan data dan dokumentasi Pesantren Modern Putri IMMIM Pangkep secara luas dan terintegrasi.

“Pusat Layanan Internet Pesantren (PLIP) ini juga menjadi area yang nyaman bagi publikasi kegiatan kepesantrenan secara global melalui Website Pesantren dan Media Sosial Pesantren,” imbuhnya

“Hotspot Center mendukung segala kegiatan santriwati untuk tetap eksis belajar dan berprestasi secara daring, selama dalam koridor berinternet secara sehat dan aman. Karena berada di lingkungan pesantren, tentunya Hotspot Center ini juga dapat menjadi area dukungan bagi kampanye “Stop Perundungan di Dunia Maya” atau “Stop Cyber Bullying,” harapnya. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

HIGHLIGHT

Kantin Putri IMMIM dinyatakan sebagai Kantin Sehat

  Laporan: Nurhudayah Lihat pula: Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel kunjungi Hotspot Center Putri IMMIM PALONTARAQ.ID - Satu lagi prestasi yang ditorehkan Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM...

Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel kunjungi Hotspot Center Putri IMMIM

  Lihat pula: Ketua TP PKK Sulsel kunjungi Ponpes Modern Putri IMMIM Laporan: Nurhudayah PALONTARAQ.ID - Dalam kunjungannya ke Kampus Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM Pangkep,...

Santri Putri IMMIM Ikuti Program Pesantren Sehat

  Laporan: Nurhudayah PALONTARAQ.ID - Sebanyak 20-an santriwati didampingi Guru/Pembina Pondok Pesantren Modern (PPM) Putri IMMIM dari perwakilan berbagai tingkatan, Rabu kemarin (18/11/2020) mengikuti dengan hikmat...

Ketua TP PKK Sulsel Kunjungi Ponpes Putri IMMIM

  Laporan: Nurhudayah PALONTARAQ.ID - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan Lies F Nurdin secara mendadak melakukan kunjungan silaturrahim ke Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Putri...