Beranda Berita Daerah Santri Putri IMMIM Ikuti Program Pesantren Sehat

Santri Putri IMMIM Ikuti Program Pesantren Sehat

 

Laporan: Nurhudayah

PALONTARAQ.ID – Sebanyak 20-an santriwati didampingi Guru/Pembina Pondok Pesantren Modern (PPM) Putri IMMIM dari perwakilan berbagai tingkatan, Rabu kemarin (18/11/2020) mengikuti dengan hikmat Webinar Trainer of Trainer (TOT) “Program Pesantren Sehat” yang diselenggarakan oleh Yayasan Peduli Negeri (YPN), PT. Unilever, Tbk bekerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pangkep dan Kota Makassar.

Webinar ini merupakan wujud kepedulian dan komitmen YPN dan CSR PT. Unilever untuk turut serta berpartisipasi dalam peningkatan kebersihan dan kesehatan di lingkungan pondok pesantren, khususnya di masa pandemi Covid-19.

TOT Program Pesantren Sehat
TOT Program Pesantren Sehat. (foto: ist/palontaraq)

Pesantren Sehat merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Unilever Indonesia yang bekerjasama dengan YPN (Yayasan Peduli Negeri).

“Kegiatan ini bertujuan menciptakan peserta didik sebagai agen perubahan sejak dini dan terciptanya central edukasi swadaya masyarakat melalui program ‚ÄúPesantren Sehat Tahun 2020,” ujar Saharuddin Ridwan, SS., MM, dari YPN.

Mengikuti Webinar Program Pesantren Sehat
Mengikuti Webinar Program Pesantren Sehat. (foto: ist/palontaraq)

Pelaksanaan Program Pesantren Sehat ini diselenggarakan berdasarkan Nota Kesepahaman antara Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama dengan PT. Unilever Indonesia Tbk tentang Program Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Upaya Mendukung Pemberdayaan Pondok Pesantren dan Madrasah.

Program ini juga merupakan program edukasi PHBS yang bertujuan untuk mengedukasi satuan pendidikan mengenai pentingnya memerhatikan kebersihan diri maupun lingkungan khususnya pada masa pandemi.

“Peran serta Pendididk sangat penting untuk dapat meneruskan edukasi PHBS ini kepada Santri maupun orang tua Santri di Rumah,” ujar Mirza Roesli, Head of Regional Customer Eastern Unileve Indonesia) Yayasan Unilever Indonesia.

Selain menyelenggarakan webinar, juga sebelumnya disalurkan bantuan untuk santri untuk Pondok Pesantren di wilayah Kota Makassar dan Kabupaten Pangkep berupa sarana sanitasi pribadi, seperti: sabun, odol, pembersih lantai, peralatan kebersihan, dan lain sebagainya.

Mengikuti Webinar Program Pesantren Sehat
Putri IMMIM mengikuti Webinar Program Pesantren Sehat/ (foto: ist/palontaraq)

Kasie PD Pontren Kemenag Kota Makassar, Afdal, S.Ag.,MM mengungkapkan bahwa bantuan seperti ini perlu diapresiasi sebagai bentuk sosialisasi dan peningkatan pemahaman akan hygiene dan sanitasi pribadi. Hal yang sama diungkapkan Ince Nuhung, S.Ag, Kabid PD Pontren Kemenag Pangkep. “Bantuan tersebut sangat dibutuhkan dalam masa pandemi Covid-19, dan lebih khusus lagi, terhadap Pondok Pesantren yang telah melakukan pembelajaran tatap muka,” ujarnya.

Sementara itu, Humas Ponpes Modern Putri IMMIM, Muhammad Farid Wajdi, mengungkapkan terima kasih dan penghargaannya atas terlaksananya webinar Program Pesantren Sehat tersebut.

“Materi dan pengajaran PHBS memang sangat penting bagi santri kita. Semoga kedepannya benar-benar dapat terwujud Program Pesantren Sehat di tiap-tiap pesantren, terimplementasi dengan baik program PHBS dan kesehatan lingkungannya secara keseluruhan,” ujar Farid.¬† (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

HIGHLIGHT