Do’a-do’a di Musim Hujan

by Penulis Palontaraq | Jumat, Jan 10, 2020 | 40 views
Hujan adalah berkah tersendiri bagi manusia. (foto: ist/palontaraq)

Hujan adalah berkah tersendiri bagi manusia. (foto: ist/palontaraq)

Oleh: Dra Nurhudayah

Related Post: Do’a Ketika Hujan

PALONTARAQ.ID – Dalam Al-Quranul Karim, banyak sekali Firman Allah SWT yang menjelaskan dan menyebutkan masalah hujan dalam kehidupan manusia.

Untuk itu, hujan selain sebagai berkah, sarana muhasabah, juga menyimpan berbagai makna dan fungsi mendalam yang jika dipahami dengan baik sangat berpengaruh terhadap hajat hidup manusia di muka bumi.

Allah SWT berfirman:

“Dan Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan); hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu Kami turunkan hujan di daerah itu, maka Kami keluarkan dengan sebab hujan itu pelbagai macam buah-buahan. Seperti itulah Kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran. “ (QS Al A’raf : 57)

Dalam ayat di atas dijelaskan bahwa hujan adalah sebagai kabar gembira bagi manusia. Air hujan memberikan nikmat dalam kehidupan manusia, menyuburkan tanah yang tandus dan menjadikan tanah-tanah tersebut menjadi subur sehingga tumbuhlah tanaman, buah-buahan dan sumber pangan lainnya  yang bermanfaat bagi manusia.

Berikut ini Do’a-do’a yang dianjurkan bagi seorang muslim saat melihat atau mengalami hujan

1) Do’a Ketika mendung dan langit diselimuti awan hitam

 

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرّ مَا فِيْه

Allohumma innii a’uudzu bika min syarri maa fiihi.

Artinya: “Ya ALLAH…! Sesungguhnya aku berlindung kepada-MU dari keburukan yang terkandung di dalam awan ini.” (HR. Bukhari).

2) Do’a Ketika Hujan Pertama kali turun

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Allohumma shoyyiban nafi’an.

Artinya: “Ya ALLAH turunkanlah pada kami hujan yg bermanfaat.” (HR. Bukhari).

Doa Ketika Hujan dan Angin Kencang. (foto: ist/palontaraq)

Doa Ketika Hujan dan Angin Kencang. (foto: ist/palontaraq)

3) Do’a Ketika Hujan Turun dengan Sangat Lebat

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allohumma hawaalainaa wa laa ’alainaa. Allohumma ’alal aakaami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthuunil audiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya: “Ya ALLAH, turunkanlah hujan di sekitar kami, namun jangan untuk menghancurkan dan merusak kami. Ya Allah, Turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.” (HR. Bukhari).

4. Do’a Ketika Angin Bertiup Kencang

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَ مَا أرسلت بِهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا وَشَرِّ مَا أرسلت بِهِ

Allohumma innii as aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bihi, wa a’uudzu bika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa syarri maa ursilat bihi.

Artinya: “Ya ALLAH…! Sesungguhnya aku mohon kepada-MU kebaikan angin (ribut ini), dan kebaikan apa yg ada di dalamnya dan kebaikan dari tujuan angin itu dihembuskan. Dan Aku berlindung kepada-MU dari kejahatan angin ini, dan kejahatan apa yg ada di dalamnya dan kejahatan dari tujuan angin itu dihembuskan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Ketika Mendengar Petir

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِه

Subhaanalladzi yusabbihur ro’du bihamdihii wal malaaikatu min khiifatihi.

Artinya: “Maha Suci ALLAH yg halilintar/petir bertasbih dgn memuji-NYA, begitu juga para malaikat, karena takut kepada-NYA.”

6. Ketika Hujan berhenti

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللهِ وَرَحْمَتِهِ

Muthirnaa bi fadhlillaahi wa rohmatihi.

Artinya: “Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat ALLAH.” (Muttafaq ‘alaih).

Wallahu a’lam bish-shawab. (*)

Semoga bermanfaat.  Baarakallahu fiikum. (*)

Like it? Share it!

Leave A Response