Cara Optimalkan Twitter saat Situasi Bencana

Twitter (sumber: gaya.tempo)

Twitter (sumber: gaya.tempo)

Oleh: Muhammad Farid Wajdi, Relawan TIK Sulsel

SOCIAL media punya banyak cara untuk dioptimalkan, baik dalam kondisi sehari-hari maupun pada saat terjadi bencana, kondisi darurat. berikut ini beberapa cara mengoptimalkan salah satu media sosial yang termasuk banyak penggunanya, yaitu twitter, dengan cara sebagai berikut:

Pertama,  Ikuti sumber terpercaya untuk dapat berita terkini. Disaat terjadi bencana sebaiknya pengguna Twitter menerima informasi dari akun-akun yang terpercaya dan selalu melakukan verifikasi.

Kedua,  Pilih dan gunakan tagar yang tepat.  Dengan menggunakan tagar tertentu informasi akan menjadi terpusat, sehingga pengguna bisa mengikutinya tanpa kesulitan. Jangan menggunakan tagar untuk topik yang tidak terkait dengan situasi krisis atau bencana yang sedang terjadi.

Ketiga, Gunakan fitur mention untuk meminta bantuan.  Tweet dengan mention bisa ditujukan kepada pemerintah, lembaga atau organisasi yang mungkin dapat mengupayakan bantuan yang dibutuhkan ke daerah bencana.

Keempat, Ikuti perkembangan terkini dengan Twitter Moments.  Fitur Twitter Moments dapat digunakan untuk memantau informasi seputar bencana. Fitur tersebut berupa kumpulan Tweet yang sudah dikurasi terkait topik tertentu yang terjadi di Twitter. Sehingga informasi yang diingikan dapat ditemukan dengan mudah dan cepat.

Kelima, Manfaatkan aplikasi Twitter Lite.  Pengguna bisa memakai aplikasi Twitter Lite yang tidak memerlukan data yang besar dan lebih mudah diakses, sehingga bisa dimanfaatkan untuk berkomunikasi dan mengetahui informasi terkini tentang keadaan-keadaan darurat.

Demikian, semoga bermanfaat adanya. (*)

Like it? Share it!

Leave A Response