BerandaDigitalGoogle hadirkan Fitur Person Finder untuk Cari Korban Gempa Palu

Google hadirkan Fitur Person Finder untuk Cari Korban Gempa Palu

Google (sumber: mediaformasi)
Google (sumber: mediaformasi)

Laporan:  Etta Adil

PALONTARAQ.ID – UNTUK  membantu pencarian korban gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu, Donggala dan Sigi, Sulawesi Tengah, Google Indonesia meluncurkan situs web khusus bernama Google Person Finder yang bisa membantu masyarakat untuk menemukan keluarga atau kerabat mereka yang hilang di daerah bencana.

Seseorang juga dapat menjadi kontributor untuk membantu menemukan keluarga atau teman mereka satu sama lain setelah terjadinya bencana. Pada halaman muka situs Google Person Finder Palu, pengunjung akan disuguhkan dua pilihan, pertama apakah mereka mencari seseorang atau memiliki informasi tentang seseorang.

Jika memilih mencari seseorang, pengunjung dapat mengetikkan namanya di kolom yang telah tersedia. Kemudian Google akan mencari informasi mengenai nama yang telah dimasukkan.

Dalam hasil pencariannya, Google menyediakan data berupa profil, yang akan mencakup nama lengkap, foto, dan status mereka. Data profil itu juga menampilkan siapa yang memasukkan dan tanggal pembuatan. Data ini hanya tersedia untuk jangka waktu tertentu. Ada pilihan untuk menghapus profil atau memperpanjangnya selama 60 hari.

Google-Person-Finder
Google-Person-Finder

Untuk pilihan lainnya, pengunjung dapat memasukkan informasi tentang diri mereka atau orang lain ke dalam database Google. Data yang dimasukkan di Google Person Finder dapat dimanfaatkan oleh publik dan Google tidak memverifikasi keakuratannya.

Cara memasukan data adalah pengunjung hanya perlu mengisi formulir yang terdiri dari nama, informasi kontak, alamat, deskripsi, foto dan status, yang menjelaskan kondisi orang dan lokasi yang terakhir dilihat.

Hingga kini data Google Person Finder telah merekam sekitar 300 data korban bencana Palu. Google Person Finder juga telah digunakan selama berbagai krisis atau bencana, salah satunya bencana banjir Kerala yang melanda India pada Agustus lalu. (*)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT