5 Hal yang harus Diperhatikan saat Gunakan Free Wifi

Memanfaatkan Free Wifi. (foto: ist/palontaraq)

Memanfaatkan Free Wifi untuk NgeBlog (foto: ist/palontaraq)

Oleh: Muhammad Farid Wajdi, Relawan TIK Sulsel

ADA lima hal yang harus diperhatikan saat gunakan fasilitas wifi gratisan, entah itu bersumber dari Wifi Warkop, Hotel, Perusahaan, ataupun dari Kantor-kantor pelayanan publik, yaitu:

1. Jangan pakai Internet Banking (Yang berhubungan dengan data Credit Card)

Saat memakai fasilitas WiFi gratis, jangan memakai Internet Banking untuk bertransaksi. Begitu juga dengan transaksi apapun yang mengharuskan pemakai untuk mengisi data kartu kredit di internet.

wifi-warkop (sumber: ADISCOMPUTINDO)

2. Matikan WiFi saat kamu tidak menggunakan internet

Dengan mematikan Wi-Fi, setidaknya pemakai telah mengurangi pemborosan baterai, koneksi otomatis ke jaringan hacker dan email iklan yang mengganggu. Untuk perlindungan tambahan terhadap yang terakhir, tambahkan extention yang disebut Do Not Track Me ke browser yang digunakan.  Extention ini membuat perangkat yang sedang digunakan tidak bisa dilacak lokasi keberadaannya, sehingga tidak akan menjadi target.

3. Pakai VPN (Virtual Private Network)

VPN (Virtual Private Network) merupakan jaringan pribadi dan tidak diakses untuk umum. Jaringan pribadi ini menggunakan internet untuk menghubungkan antar remote-site dengan aman. VPN memungkinkan pengguna internet untuk tetap anonim saat online. VPN membuat situs web yang kamu masukkan akan melihat IP jaringan virtual, bukan milik pengguna.

VPN Protocol

VPN Protocol

4. Jangan biarkan Perangkat Mengingat Koneksi itu

Sebagian besar perangkat akan secara otomatis mengingat dan terhubung ke hotspot yang digunakan setidaknya satu kali sebelumnya. Penipu bisa membuat jalur akses mereka sendiri dengan nama yang sama dan dengan demikian mendapatkan akses ke data profilmu atau bahkan untuk penipu yang handal bisa sampai mengakses ke data keuangan dengan melihat history perangkat.

5. Perhatikan nama dari WiFi gratis tersebut

Hacker sering menggunakan jaringan dengan nama yang mirip dengan yang ada disekitarnya. Disaat WiFi yang asli berisi password, yang palsu bisa diakses tanpa password. Karena itu sebelum terhubung ke fasilitas WiFi gratis, tanyakan dulu pemilik di tempat itu untuk nama jaringannya ya.

Demikianlah lima hal yang harus menjadi perhatian khusus, untuk sekadar jaga-jaga dan keamanan data personal, sebelum menyambungkan perangkat internet dengan fasilitas WiFI gratisan. Semoga bermanfaat adanya. (*)

Like it? Share it!

Leave A Response