BerandaBeritaKominfo gelar Festival Literasi Digital di Toraja Utara

Kominfo gelar Festival Literasi Digital di Toraja Utara

Laporan: Muhammad Farid Wajdi

PALONTARAQ.ID, TORAJA UTARA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) Toraja Utara menggelar kegiatan Festival Literasi Digital di Rantepao, Toraja Utara.  Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, Jumat dan Sabtu, 27-28 Juli 2018 didukung penuh “Kelompok Tumbuh Bersama” (KTB) Toraja, Komunitas “Kebaya, Kopi dan Buku” (KKB), Lembaga Pengembangan Ekonomi Rakyat (LPER), dan sejumlah komunitas lainnya.

Festival ini terdiri dari beberapa kelas Lokakarya, Bazar, Lomba dan Gelar Wicara yang bertujuan memberi gambaran bagaimana mencerdaskan masyarakat  sebagai pelaku dan pengguna teknologi digital. Festival Literasi Digital ini bertujuan memberikan kontribusi dalam pembentukan karakter masyarakat yang cerdas dan bijak bersosial media serta mendorong pemerintah kabupaten, pemuda dan masyarakat  untuk  kreatif dan berani menciptakan lapangan kerja dengan memanfaatkan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK).

Hari pertama, Festival berlangsung di dua lokasi yaitu di Ruang Pola Kantor Bupati Toraja Utara dan Gedung Serbaguna Jemaat Rantepao dengan kegiatan Lokakarya UMKM Go Online dan Teknik Dasar Foto produk UMKM, Kiat Infografis Keren, Teknik Membuat Vlog , Membuat Web Mudah untuk Pemasaran dan Lokakarya Relawan TIK. Output langsung dari Lokakarya adalah terbentuknya 25 orang Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) yang akan bermitra dengan Pemerintah Daerah Toraja Utara dalam melakukan literasi digital secara berkesinambungan di Toraja Utara dan sekitarnya.

Festival Literasi Digital di Hari kedua, berlangsung di Gedung Pemuda Rantepao, Toraja Utara. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Festival Literasi Digital di Hari kedua, berlangsung di Gedung Pemuda Rantepao, Toraja Utara. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Di hari pertama Festival ini juga dikukuhkan kepengurusan Relawan TIK Kabupaten Toraja Utara oleh Ketua RTIK Sulsel Zainal Abidin Ridwan disaksikan Bupati Toraja Utara Bapak DR. Kalatiku Paembonan, M.Si.  Relawan TIK ini adalah pegiat literasi digital yang merupakan bagian dari masyarakat setempat, yang bertugas untuk melakukan pencerdasan, sosialisasi dan kegiatan TIK di masyarakat sehingga literasi digital di Toraja Utara dapat menjadi tren sosial yang positif dan bergerak secara berkesinambungan.

Sementara di hari kedua, Sabtu, 28 Juli 2018, Kegiatan festival dipusatkan di  Gedung Pemuda Van de Loostreect, Rantepao dan dibuka dibuka dengan keynote speech Sekretaris Jenderal Kominfo RI, Ibu Dra. Farida Dwi Cahyarini bertema “Cerdas di Era Digital”, dilanjutkan  talk show yang DR. Henriette Lebang (Ketua Umum Persekutuan Gereja Gereja di Indonesia), DR. Dedy Permadi (Ketua Umum Siberkreasi), dan Rekson Silaban (Komisaris BPJSTK).  Festival Literasi Digital ini diikuti oleh masyarakat umum, para orangtua, Perguruan Tinggi, Sekolah, Lembaga Keagamaan, UMKM, Pemuda, serta pelajar dan mahasiswa dengan peserta lebih dari 500 orang.  (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT