Beranda Kesehatan Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

sumber foto: hellosehat
sumber foto: hellosehat

Oleh:  Muhammad Farid Wajdi

Tulisan Sebelumnya: Diabetes Sembuh dengan Minyak Zaitun

PALONTARAQ.ID – Minyak Zaitun dengan segala keberkahan yang dilekatkan padanya, dengan segala keutamaannya, baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk kebutuhan khusus, pengobatan (Thibb) telah dijelaskan dalam Al-Qur’an.

Allah SWT berfirman, “…yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya, (yaitu) pohon Zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api…” (QS. An Nur:35)

Rasulullah SAW bersabda, “Konsumsilah Minyak Zaitun dan gunakan sebagai minyak rambut, karena minyak Zaitun dibuat dari pohon yang penuh dengan berkah.” (HR: At Tirmidzi dan Ibnu Majah)

“Gunakanlah minyak Zaitun sebagai lauk dan gunakanlah sebagai minyak rambut karena ia berasal dari pohon yang penuh dengan berkah.” (HR: Al Baihaqi dan Ibnu Majah)

sumber foto: 1health.id
Minyak Zaitun (foto: 1health)

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

1_Memelihara Kesehatan Jantung

Manfaat dari kandungan lemak tidak jenuh yang ada di dalam minyak zaitun salah satunya adalah baik untuk kesehatan jantung. Terutama dapat mengendalikan kolestrol jahat yang tentunya sangat berbahaya bagi tubuh dan dapat mempertahankan kolestrol baik.

Minyak zaitun extra virgin membantu sistem kekebalan tubuh dari infeksi dan melindungi jantung. Hal ini menunjukkan bahwa jika menggunakan minyak zaitun untuk memasak Anda dapat menurunkan persentase stroke turun ke 40%.

2_Mencegah Terjadinya Gejala Kanker

Selain kandungan lemak tidak jenuh, di dalam minyak zaitun juga terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Dengan adanya kandungan antioksidan dapat mengurangi bahkan mencegah penyakit kanker.

Di dalam antioksidan juga terdapat senyawa hidroksitirosol yang berfungsi untuk menormalkan kadar gula yang di tubuh.Secara ilmiah, manfaat ajaib minyak zaitun baru diketahui di abad modern ini melalui serangkaian penelitian.

Dikutip dari Jurnal Molecular & Cellular Oncology, Jum’at (13/3/2015), penelitian tentang minyak zaitun menemukan zat bernama oleochantal (OC) dalam minyak zaitun ekstra virgin (minyak zaitun murni) mampu membunuh sel kanker dalam 30 menit.

Ajaibnya zat ini tidak membawa efek samping apapun pada sel yang tidak terkena kanker. Hanya 1 sdm sehari dapat membantu anda memerangi kanker payudara. Memperlambat pertumbuhan tumor dan menghambat protein kanker agar tidak tumbuh berkembang.

Hasil penelitian menunjukkan Minyak Zaitun membantu perbaiki sel tubuh, khususnya DNA-nya agar tidak rusak dari sel-sel kanker, juga membantu mengurangi risiko Alzheimer.

Senyawa tertentu dalam minyak Extra Virgin Olive yang disebut Oleocanthal  mengikat protein beracun yang menyumbat sinaps pada hippocampus. Ini ada di bagian tertentu dari tubuh terletak di otak dan itu menunjukkan tanda-tanda pertama Alzheimer bisa ditekan dengan Minyak Zaitun.

3_Menurunkan Kolestrol

Manfaat minyak zaitun lainnya yang sudah sangat terkenal dikalangan masyarakat luas adalah mengurangi kadar kolesterol yang tinggi. Dipastikan kadar kolesterol Anda akan menurun jika mengonsumsi minyak zaitun secara rutin.

Di dalam zaitun sendiri juga  terkandung campuran antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL), namun tidak menghilangkan dan tetap mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) yang ada di dalam tubuh.

4_Minyak Zaitun Meningkatkan Pertahanan Tubuh Ibu dan Bayi.

Hal ini terutama bagi ibu hamil yang mengalami masalah kesehatan, khususnya  pada fasa awal kehamilan.  Vitamin A yang dikandung Minyak Zaitun berpotensi mencegah risiko penyakit  pada ibu hamil.

Minyak zaitun untuk ibu hamil dapat mengurangi risiko lelah, demam atau wheezing pada bayi sejak  tahun pertama kelahirannya. Para peneliti mengemukakan bahwa kebanyakan lemak yang ada di dalam ASI tergolong jenis lemak yang berantai tunggal. Lemak ini termasuk jenis lemak paling baik dikonsumsi. Itulah salah satu lemak dalam minyak zaitun.

Itulah sebabnya, salah satu nasehat orang tua memudahkan kelahiran adalah dengan melakukan urutan perineum pada bagian faraj saat  menjelang kelahiran bagi ibu hamil  dengan menggunakan Minyak Zaitun. Selain melakukan urutan tersebut, minyak zaitun juga diminum 1-2 kapsul dalam sehari.

Sembelit adalah salah satu masalah yang kerap muncul sejak seorang wanita mula hamil. Minyak zaitun dapat menjadi  penawar semula jadi bagi masalah tersebut, karena lemak sehat yang terdapat dalam minyak zaitun bisa melembutkan najis dan memudahkannya untuk disingkirkan melalui usus.

Minyak zaitun kaya  nutrisi yang penting bagi perkembangan bayi dan ibu hamil, seperti lemak, protein, kalori, Zat Besi, Vitamin E, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3 dan juga Vitamin C. Di samping itu, Minyak Zaytun membantu tubuh agar penyerapan nutrisi lebih baik.

5_Menyehatkan Usus/Pencernaan

Minyak Zaitun mengandung  senyawa Oleuropein Aglycone yang berperan penting bagi  kesehatan usus. Senyawa ini berfungsi menjaga suplai darah ke usus serta  membantu mengurangi kerusakan usus akibat dari penyakit anemia (kekurangan darah).

6_Menangkal Radikal Bebas

Manfaat minyak zaitun lainnya adalah kandungan Aktioksidan-Polifenol, yang membantu proses detoksifitkasi molekul dalam tubuh yang terjadi tidak seimbang sehingga dapat dengan ampuh menangkal serangan radikal bebas.

7_Mengurangi Peradangan Sendi

Disinyalir dari Majalah AMJ CLIN NUTR yang terbit pada Bulan November 1999, bahwa ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh 145 pasien penderita sakit persendian yang berada di Negara Yunani Utara, tampak orang-orang yang menderita penyakit peradangan sendi yang mengkonsumsi minyak zaitun bisa memberikan efek yang manjur dalam mengurangi sakit radang sendi ini.

8_Mengurangi Resiko Kanker Rahim

Wanita penderita kanker rahim yang mengkonsumsi minyak zaitun ternyata bisa menurunkan efek dari resiko kankernya tersebut, bahkan bisa mencegah terkenanya kanker rahim. Kemungkinan persentase terjadinya sangat sedikit dan penurunan terjadinya kanker rahim bisa mencapai 26 persen.

9_Mengurangi Resiko Penyumbatan dan Penebalan Pembuluh Darah

Ternyata nutrisi yang terkandungan di dalam minyak zaitun bisa mengurangi sedikitnya pengaruh negatif lemak dari dalam makanan yang bisa berpengaruh terhadap terjadinya pembekuan darah, dan terlebih lagi dapat mengurangi terjadinya penebalan pembuluh nadi jantung. menguatkan kandung empedu, menurunkan kadar gula  (diabetes) serta menurunkan asam lambung.

10_Mengurangi Terjadinya Penyakit Maag

Ternyata gizi yang ada di dalam minyak zaitun mampu memberikan efek positif  melindungi tubuh dari timbulnya kanker lambung dan mengurangi timbulnya penyakit maag.

Saat meminum minyak zaitun, janganlah langsung ditelan tapi campurkan dan kulum dahulu sehingga cukup tercampur dengan air liur. Baru kemudian ditelan. Dengan cara ini minyak zaitun akan tertelan dengan lebih nyaman di tenggorokan. “Berlauklah dengan minyak zaitun dan jadikanlah ia sebagai minyak oles, karena ia berasal dari pohon yang diberkahi.” (HR. Ibnu Majah)

11_Menghilangkan Penyakit Artritis

Minyak zaitun juga mengandung Prostaglandin yang mempunyai manfaat untuk mengatasi nyeri sendi dan pengeroposan tulang. Caranya pun cukup mudah hanya dengan dikonsumsi dalam campuran makanan atau dengan mengoleskan sedikit minyak pada otot atau sendi yang nyeri.

12_Menghilangkan Nyeri

Kandungan Oleokantal yang terdapat di dalam minyak zaitun ternyata juga dapat mencegah radang, hampir sama dengan penghilang rasa sakit yakni ibuprofen atau sejenis obat penghilang radang lainnya.

Selain menghilangkan nyeri, manfaat minyak zaitun lainnya mempercepat penyembuhan luka bakar, melindungi luka dari bakteri, dan peradangan lainnya yang bisa menyebabkan nyeri.  Penelitian ini memperkuat penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa OC bisa memberikan efek zat anti-radang dan efek kemoterapi pada pasien.

13_Memelihara Kesehatan Kulit

Minyak Zaitun memberikan vitamin pada kulit, mencegah kulit kering, melembutkan, menghaluskan, dan mengencangkan kulit.  Minyak Zaitun mencegah rontoknya rambut, menghilangkan gatal-gatal,  menghilangkan flek dan kerut wajah, dan mencegah rontoknya rambut.  Penggunaan minyak zaitun untuk dijadikan minyak rambut yang terkena kutu, terbukti hanya dalam beberapa jam saja bisa membunuh kutu yang ada di kepala.

Dengan khasiat yang luar biasa dari minyak zaitun ini maka semakin terbuktilah bahwa setiap hal yang diajarkan dan disunnah Rasulullah SAW adalah benar serta membawa maslahat bagi umat.

Wallahu ‘alam bisshawab. (*)

 

Berita sebelumyaJika Cinta butuh Pengakuan
Berita berikutnyaPerginya Sang Mujahidah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

HIGHLIGHT