BerandaIslamKeutamaan Bersiwak, Bercelak dan Memakai Parfum

Keutamaan Bersiwak, Bercelak dan Memakai Parfum

Miswak-Siwak (sumber: muslimvillange)
Miswak-Siwak (sumber: muslimvillange)

 

Oleh:  Ummu ‘Adil

PALONTARAQ.ID – Sungguh sangat keterlaluan seorang muslim jika tidak mengetahui siwak dan keutamaan bersiwak, padahal seperti yang banyak diceramahkan dan menjadi bahan majelis taklim adalah perhatian Islam terhadap kebersihan, sampai kebersihan yang sekecil-kecilnya, dan tentu terutama sekali, kebersihan diri.

Keutamaan Bersiwak

Rasulullah SAW bersabda, “Kalau bukan karena memberatkan ummatku, pasti sudah kuperintahkan mereka bersiwak setiap kali hendak shalat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

“Bersiwak itu adalah cara mensucikan mulut dan mendapatkan keridhaan Allah.” (HR: Al Bukhari)

Beberapa manfaat bersiwak, adalah mengharumkan mulut, menguatkan gusi, menghilangkan dahak, mempertajam pandangan mata, menghilangkan gigi keropos, menyehatkan lambung, menjernihkan suara, membantu pencernaan, mempermudah bicara, memberi semangat dalam membaca, berdzikir dan shalat, mengusir kantuk , membuat Allah ridha, mengagumkan para Malaikat dan memperbanyak amal kebaikan. (Ibnul Qayyim al-Jauziyyah)

Keutamaan Bercelak (Batu Itsmid)

Celak mata (sumber: ummu salamah)
Celak mata (sumber: ummu salamah)

Diriwayatkan oleh At-Thirmidzi dan Hakim, shahih dan disepakati oleh Adz-Dzahabi, Dari Salim, dari ayahnya secara marfu’, “Gunakanlah Itsmid, karena Itsmid bisa menjernihkan pandangan mata dan menumbuhkan bulu mata”.

Sementara dalam Kitab Abu Nu’aim,  ada tambahan, yaitu dapat menghilangkan kotoran mata, sebagaimana diriwayatkan Ath-Thabrani dan Ibnu Abi Ashim dari Ali, dan sanadnya hasan.

Dari Ibnu Abbas secara marfu’, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Celak yang terbaik bagi kalian adalah itsmid. Karena itsmid dapat menjernihkan penglihatan dan menumbuhkan rambut.” (HR. At Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, dan Hakim. Dihasankan oleh Tirmidzi).

Diantara manfaat Celak (Itsmid) adalah menjaga kesehatan mata, memperkuat cahaya penglihatan, menjernihkan mata, memperlembut materi busuk yang ada dalam mata serta memaksannya keluar, penghias mata. Bila dipakai sebelum tidur, dapat menyelimuti kelopak mata, menenangkan mata dan memelihara kealamiannya. (Lihat Thibbun Nabawi oleh Ibnul Qayyim al-Jauziyyah)

Keutamaan Memakai Parfum

Parfum Non Alkohol (foto: istimewa)
Parfum Non Alkohol (foto: istimewa)

Bahwasanya Rasulullah tidak pernah menolak wangi-wangian.(Shahih Al Bukhari).

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang ditawari wewangian, janganlah ia menolaknya. Karena wewangian itu semerbak baunya namun ringan dibawa kemana-mana.” (Shahih Muslim).

Rasulullah SAW bersabda, “Dari dunia kalian, yang kusukai adalah wanita dan minyak wangi. Namun yang menjadi tambatan hatiku adalah shalat.”

Diantara manfaat memakai parfum (wewangian) adalah disukai malaikat dan dibenci setan, disukai oleh ruh yang baik dan dibenci oleh ruh yang jelek, mengikuti sunah Rasulullah dan para Nabi, dapat membersihkan otak, jantung serta seluruh organ tubuh bagian dalam, menggembirakan hati, menyenangkan jiwa, memberi kesegaran ruhani, melambangkan kebersihan dan keindahan, dan lain-lainnya.

Jadi, Gunakanlah Siwak, Celak dan Parfum karena itu adalah sunnah Rasulullah SAW. Di dalam sunnah ada kejayaan dan manfaat yang luar biasa jika diamalkan, baik untuk kesehatan juga untuk pergaulan sosial.

Wallahu ‘alam bish-shawab. (*)

Artikel sebelumnya
Artikel selanjutnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT