Tips Selenggarakan Kegiatan Bedah Buku

Pilihlah Buku yang menarik dan paling diminati untuk dibedah. (foto: mfaridwm)

Pilihlah Buku yang menarik dan paling diminati untuk dibedah. (foto: mfaridwm)

KEGIATAN Bedah Buku atau Diskusi Buku merupakan salah satu cara efektif menyampaikan pemikiran penulis atau pengarang buku. Ide penyelenggaraannya bisa datang dari komunitas pencinta buku, pelajar atau mahasiswa, organisasi di kampus atau luar kampus, penerbit atau bahkan dari penulisnya sendiri.Bedah buku bisa menjadi jalan untuk memahami lebih dekat penulis dengan buku terbarunya.

Dengan kegiatan bedah buku, proses pentransferan informasi dan pengetahuan yang ada dalam suatu buku bisa tersampaikan dengan baik kepada audiens yang hadir. Mengelola kegiatan bedah buku, bukan hanya bisa mendatangkan manfaat ilmu dan tambahan pengetahuan bagi peserta yang hadir, tetapi juga bisa mendapatkan keuntungan finansial bagi penyelenggara, khususnya bagi kegiatan bedah buku yang mengharuskan adanya kontribusi peserta serta pemasukan dari sponsor.

Kesuksesan Bedah Buku tergantung dari segmentasi dan pemetaan minat pembacanya. (foto: mfaridwm)

Kesuksesan Bedah Buku tergantung dari segmentasi dan pemetaan minat pembacanya. (foto: mfaridwm)

Banyak manfaat dari kegiatan bedah buku, tak sedikit orang baik aktivis dalam kampus maupun luar kampus yang berkeinginan melaksanakannya, namun tak jarang pula kegiatan bedah tidak atau belum mendatangka hasil yang maksimal karena pengorganisasian kegiatan yang sekedar asal jadi.Untuk mengelola kegiatan bedah buku dengan baikdan professional, berikut ini beberapa tipsnya.

1. Buatlah Proposal Semenarik Mungkin

Proposal yang baik adalah proposal yang mampu mendeskripsikan dengan baik tujuan dan manfaat suatu kegiatan, pembicara, target peserta, waktu serta lokasi kegiatan. Di proposal juga harus mampu meyakinkan pihak penerbit dan sponsor untuk mendanai kegiatannya, serta menguraisetiap kegiatan dan pendanaannya secara mendetail. Tampilan proposal juga harus dibuat semenarik mungkin, tidak dibuat asal jadi atau sekedar ada. Jika ingin mendapatkan bantuan pendanaan dan sponsor yang baik, maksimalkan proposal kegiatan itu dengan tertib urutan acara dan dana yang diperlukan secara lebih detail.

2. Pilihlah Tema atau Judul Buku yang Menarik

Buku (foto: mfaridwm)

Pilihlah Tema atau Judul Buku yang menarik (foto: mfaridwm)

Pilihlah tema atau judul buku yang sedang “booming” atau menjadi pembicaraan hangat di media dan masyarakat. Untuk mengetahui tema atau judul buku yang menarik dibahas tentu saja anda harus rajin mengikuti perkembangan berita, masuk keluar toko buku untuk mengetahui buku best seller, dan pilihan buku khusus yang diminati seperti buku motivasi dan kiat praktis menuju sukses, dan lain sebagainya.

3. Carilah Pembedah Buku yang Kompeten

Kehadiran pembedah buku atau pemateri yang kompeten merupakan nilai jual tersendiri bagi sukses ramainya suatu kegiatan bedah buku. Selidikilah daftar nama akademisi dan pembicara yang menurut anda dan panitia bedah buku pantas didudukkan sebagai pembedah buku.

Bedah Buku. (foto: ist/palontaraq)

Pemateri Bedah Buku yang kompeten akan memberi nilai tambah bagi penulis dan pemasaran bukunya. (foto: ist/palontaraq)

Untuk mendapatkan pembedah buku yang pantas, tentu saja anda harus mengetahui jejak rekam orang yang akan anda undang sebagai pembedah, hal tersebut dilihat dari latar belakang pendidikan dan karyanya, kegiatan sosial dan akademisnya, dan lain sebagainya. Jika anda berkeinginan untuk mengundang penulis buku dari buku yang akan dibedah, sebaiknya kegiatan anda bertajuk “Launching dan Bedah Buku”.

4. Pilihlah Tempat yang Strategis dan Refresentatif

Pemilihan tempat yang refresentatif sebagai tempat kegiatan bedah buku patut menjadi perhatian. Sebaiknya pemilihan tempat disesuaikan dengan kemampuan anda dan panitia bedah buku untuk menyewa tempat. Bedah buku tak harus di tempat yang mahal seperti di Hotel, bisa di kampus, ruang kelas khusus, Aula, Masjid, Wisma, dan lain sebagainya.

Pemilihan Tempat dan Lokasi penting menjadi pertimbangan keberhasilan bedah buku, terutama menyangkut pula tentang siapa mereka yang mesti diundang. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Pemilihan Tempat dan Lokasi penting menjadi pertimbangan keberhasilan bedah buku, terutama menyangkut pula tentang jenis buku dan siapa mereka yang mesti diundang. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Pemilihan tempat sebaiknya disesuaikan pula dengan jenis buku yang akan dibedah. Kalau buku Lingkungan, ya pilihlah tempat asri dan sejuk. Kalau buku Islam, ya bedah buku bisa di masjid, dan lain sebagainya. Sebaiknya pula pemilihan tempat disesuaikan dengan kemudahan keterjangkauan peserta dengan tempat itu dan yang harus diperhatikan, jangan membebani kontribusi peserta yang tinggi untuk kegiatan bedah buku yang dilakukan di tempat yang sederhana.

5. Sebarkan Publikasi dan Promosi

Promosi Buku (foto: mfaridwm)

Publikasi dan Promosi Buku (foto: mfaridwm)

Publikasi dan promosi merupakan hal yang sangat menentukan akan sedikit atau banyaknya jumlah peserta yang bakal hadir di kegiatan yang kita laksanakan. Karena itu tempuhlah publikasi semaksimal mungkin di semua media yang bisa didekati, apakah dengan cara beriklan di Koran atau bikin pamflet atau selebaran. Promosikan pula kegiatan bedah buku kita di radio atau lewat pertemanan di kampus dan organisasi dimana kita aktif didalamnya.

Demikianlah beberapa tips yang harus diperhatikan dalam merencanakan suatu kegiatan Bedah Buku. Jika kita serius menangani suatu kegiatan bedah buku, bukan tidak mungkin tawaran kegiatan itu akan datang dari penerbit atau sponsor sehingga akan menjadi wirausaha yang menarik ditekuni, sebagai event organizer bedah atau diskusi buku.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat adanya. (***).

Like it? Share it!

Leave A Response