Beranda Kuliner Ini Dia Kesukaan Etta: Barongko

Ini Dia Kesukaan Etta: Barongko

Ngeteh dengan Barongko. (foto: mfaridwm)
Ngeteh dengan Barongko. (foto: mfaridwm)

Oleh: Etta Adil

PALONTARAQ.ID – BARONGKO. Sepintas namanya lucu yach. Saya sendiri tidak tahu kenapa dinamai demikian, tapi ini salah satu kue kesukaan penulis, loh. Barongko ini juga umumnya ada dalam tiap sajian makanan menjamu tamu pengantin adat atau upacara adat lainnya.

Itulah sebabnya  Barongko ini dimasukkan pula sebagai kuliner khas Bugis Makassar atau salah satu pelengkap jamuan yang harus ada tiap pesta adat, apalagi bahan dan cara membuat Barongko ini sangat praktis dan bahan dasarnya familiar, Pisang.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Barongko adalah 200 gram Tepung beras, sekitar 100 ml air yang telah di didihkan, 1 sendok Garam Beryodium, ½ sendok Vanilli, 850 ml Santan Kelapa yang hangat, 10 buah Pisang Raja yang sudah Masak, Daun pisang Untuk Membungkus, dan 350 ml Santan Kepala yang diberi ½ sendok garam.

Barongko. (foto: mfaridwm)
Barongko. (foto: mfaridwm)

Cara Membuatannya sangat praktis, Campurkan tepung beras dengan air mendidih sambil diaduk-aduk. Masukkan gula, garam dan vanilli, tuangi santan hangat, aduk sampai rata. Lalu masak di atas api hingga setengah matang. Angkat lalu sisihkan. Kupas pisang belah dua memanjang, lalu iris setebal ½ cm.

Setelah itu, masukkan ke dalam adonan tepung beras, aduk hingga tercampur rata. Ambil selembar daun pisang, taruh 2-3 sdm adonan, lalu tambahkan 2-3 sdm santan kental, bungkus dan sematkan dengan lidi lalu kukus selama 30-40 menit hingga matang. Dinginkan dan sajikan, bisa hangat atau dingin, bisa pula disimpan dulu di kulkas.

Barongko lebih nikmat lagi jika dinikmati dengan Teh bersama kehangatan keluarga. Barongko juga sangat nikmat disajikan saat berbuka puasa. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

HIGHLIGHT