BerandaBeritaStukom Putri IMMIM Jelajahi Jatim-Yogyakarta

Stukom Putri IMMIM Jelajahi Jatim-Yogyakarta

Laporan: Etta Adil

PALONTARAQ.ID – Studi Comparative (Stukom) bagi santriwati dalam lingkungan Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM Minasatene Pangkep sudah menjadi tradisi tahunan.

Sudah menjadi kesepakatan bahwa yang berangkat Stukom adalah Pengurus OSIS (Kelas XI) SMA dan Kelas VIII SMP dimana destinasinya pun ditentukan sendiri oleh santriwati berdasarkan kemampuan keuangannya. Pihak Pembina, pengasuh dan Guru hanya memfasilitasinya dan memediasi komunikasi ke tempat tujuan stukom.

Untuk Kepengurusan OSIS/ISPM 2016-2017 ini, ditetapkan Stukom dengan destinasi Surabaya-Malang-Solo-Yogyakarta selama sepekan, dari tanggal 4 Maret-11 Maret 2017.

Pelepasan secara resmi dilakukan di Aula Mini Ponpes Modern Putri IMMIM di Biraeng, Jumat (3/3/2017) Minasatene-Pangkep oleh Kepala Sekolah SMA, Dra Hj. Hasmah, MM, “Saya mengharapkan anak-anakku sekalian tetap menjaga shalat dan memperhatikan adab-adab perjalanan. Semuanya satu koordinasi, tidak boleh terlepas dari Pembina/guru yang mendampingi”, ujarnya didampingi Pembina OSIS, Darmawati,S.Ag.

Beberapa rombongan Stukom foto bersama dengan HUmas/TIK Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep, M. Farid Wajdi. (foto: ist/sri_astuti)
Beberapa rombongan Stukom foto bersama dengan HUmas/TIK Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep, M. Farid Wajdi. (foto: ist/sri_astuti)

Usai pelepasan secara resmi, para santriwati diberikan materi pembekalan tentang teknis penulisan laporan perjalanan (traveling report) oleh M. Farid Wajdi, Humas/TIK Ponpes putri tersebut. “Untuk tahun ini diberikan kebebasan kepada santriwati untuk menuliskan laporannya dalam bentuk artikel atau esai”, ujarnya seraya menjelaskan perbedaan kedua jenis tulisan ini dan bagaimana teknis penulisannya.

Pengasuh dan Guru yang mendampingi ke-41 santriwati yang mengikuti stukom ini adalah Dra Hj Sri Hajari Fachrul Islam (Ketua YASDIC IMMIM Pangkep) sebagai Penanggung Jawab, DR. Hj. Amrah Kasim, MA (Direktur Ponpes) sebagai Pimpinan Rombongan, dan guru yang turut serta: Hj. Haslinda, S.Sos, Rusda Ibrahim, S.Pd, dan Husniati, S.Pd.I.

Beberapa obyek kunjungan Stukom santriwati Ponpes Putri IMMIM tahun ini adalah: Tugu Pahlawan, Rumah Batik Surabaya, Patung Sura dan Baya, Taman Wisata Gunung Bromo, Museum Angkut, Wisata Alun-alun Kota Batu, Wisata Petik Apel Bumi Asih, Jatim Park, Wisata sejarah ke Museum Purbakala Sangiran, Candi Prambanan, Wisata Kota ke Malioboro, Kunjungan ke Pondok Pesantren Modern Wahid Hasyim Yogyakarta, Candi Borobudur di Magelang (Jawa Tengah), dan Wisata Pantai Parangtritis. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT