BerandaBisnisKonten Marketing dalam Ngeblog

Konten Marketing dalam Ngeblog

Oleh:  Etta Adil 

PALONTARAQ.ID – BANYAK  Blogger yang benar-benar hanya suka menulis, just sharing. Seperti halnya saya yang kadang tidak terlalu memperdulikan bagaimana respon pembaca pada setiap tulisan terpublish.

Sekali lagi, just sharing atau malah just published. Menuliskan apa yang kita lihat, alami, rasakan adalah kebahagiaan tersendiri dan boleh jadi itu merupakan terapi psikologis tersendiri ditengah kesibukan lain.

Penulis tidak sendiri, ada begitu banyak pengguna blog, baik di personal blog maupun di social blog yang tidak terlalu memperhatikan aspek ‘Content Marketing’ dari suatu postingan, baik tulisan, foto, maupun video.

Iskandar Zulkarnaen (kanan) dan Nurulloh dalam Kompasiana Blogshop dengan JNE di Makassar, Gedung Phinisi Kampus UNM, Rabu (15/4/2015). (foto: mfaridwm)
Iskandar Zulkarnaen (kanan) dan Nurulloh dalam Kompasiana Blogshop dengan JNE di Makassar, Gedung Phinisi Kampus UNM, Rabu (15/4/2015). (foto: mfaridwm)

Ada begitu banyak ternyata yang mesti dipahami dalam kegiatan ngeblog, khususnya dari aspek apa yang seharusnya diperhatikan dari pengguna lain terhadap cara kita berinteraksi dalam dunia maya.

Sebut saja misalnya, social blog Kompasiana, salah satu situs dengan platform user generated content ini tidak hanya memberikan wadah bagi warga dalam berinteraksi secara maya tanpa ada batas ruang dan waktu.

Penggunanya saat ini mencapai 278574 user yang lazim disebut Kompasianer. Disadari atau tidak, banyak diantara usernya tidak hanya menikmati jejaring pertemanan di dunia maya, tetapi berkembang menjadi pertemanan yang mengasyikkan di dunia nyata.

Pertemanan tersebut didasarkan atas kesamaan hobi, pekerjaan, asal daerah, ketertarikan pada isu dan ulasan tertentu, kesukaan pada pribadi yang terbuka dan humoris, dan beberapa diantaranya saya tahu sudah menemukan jodoh karena hal-hal tersebut.

Iskandar Zulkarnaen mengulas tentang Alasan orang ngeblog. (foto: mfaridwm)
Iskandar Zulkarnaen mengulas tentang Alasan orang ngeblog. (foto: mfaridwm)

Social Blog kemudian berkembang pesat dari yang awalnya hanya sekadar sharing tulisan, foto atau video menjadi media marketing yang cukup efektif merebut pasar, khususnya para blogger atau pegiat media online itu sendiri.

Untuk tetap eksis dengan banyak manfaat yang bisa dinikmati, Iskandar Zulkarnaen (Assistant Manager Kompasiana) dalam kegiatan “Kompasiana Blogshop dengan Jalur Nugraha Ekakurir (JNE)” di Lantai 2 Gedung Menara Phinisi, Kampus Universitas Negeri Makassar (UNM), Rabu (15/4/2015).

Admin Kompasiana ini menyebutkan bahwa Media Online, termasuk Kompasiana telah berkembang pesat, salah satunya dengan memberikan ruang bagi netizen (user internet) melakukan kegiatan jual-beli atau berbisnis melalui media online.

“Kita tak dapat menyangkal perkembangan media online yang sangat efektif sebagai media marketing. Karena itu selayaknya kita memperhatikan aspek Content Marketing ketika berinternet, khususnya ketika aktif di media social online.

Semua user memiliki tingkatan alasan tertentu menggunakan media online, dari yang hanya “just have fun” (sekadar bersenang-senang) sampai “to help people” (membantu orang lain),” papar Iskandar Zulkarnaen yang dimoderatori Nurulloh, Editor Komunitas dan Konten Kompasiana.

Aspek Content Marketing juga menjadi bahasan menarik Wahyu Aditya (Founder Hellomotion. Inc). Penyuka Desain Grafis ini menyebutkan perlunya inovasi-inovasi baru dalam content media online sehingga pengguna tidak hanya dapat eksis tetapi dapat meraup keuntungan dengan menggeluti bisnis online.

Seperti halnya saat berinteraksi secara social dalam dunia maya, dalam menggeluti bisnis online juga memiliki koridor yang harus dipatuhi oleh para penggunanya.

Pendiri Kementerian Desain Republik Indonesia (KDRI) dalam laman internet ini juga mengakui tingkatan alasan dari pengguna internet ketika menelusuri setiap postingan di media online dan diakuinya, tingkatan paling seru dan mengasyikkan itu ketika kita dapat membantu orang lain, maka keuntungan dan bantuan dari pengguna lain akan datang dengan sendirinya.

Pemateri ketiga, Andre Vincent Wenas (pakaian putih), Chief Human Capital Officer JNE. (foto: mfaridwm)
Pemateri ketiga, Andre Vincent Wenas (pakaian putih), Chief Human Capital Officer JNE. (foto: mfaridwm)

Menariknya, Jalur Nugraha Ekakuris (JNE) sebagai salah satu perusahaan jasa layanan kurir dan logistik telah turut memanfaatkan media online sebagai media strategi bisnis.

Inovasi baru tentu harus selalu dilakukan untuk tetap bisa berkompetisi dengan perusahaan serupa, bagaimana meningkatkan ketepatan waktu dalam pelayanan sehingga memuaskan pelanggan adalah hal yang menjadi tujuan utama, dan media online sangat membantu.

Hal ini dikemukakan pemateri ketiga, Andre Vincent Wenas, Chief Human Capital Officer JNE. Kegiatan “Kompasiana Blogshop dengan JNE” di Makassar ini berjalan lancar dengan ratusan peserta yang hadir dari mahasiswa dan kompasianer.

Ketiga pemateri, Iskandar Zulkarnaen (Assistant Manager Kompasiana), Wahyu Aditya (Founder Hellomotion. Inc), dan Andre Vincent Wenas (Chief Human Capital Officer JNE) sepakat bahwa Content Marketing dalam NgeBlog merupakan Inovasi Strategi Bisnis di Media Online.

Selain di Kampus UNM Makassar, kegiatan serupa akan berlangsung di Universitas Udayana Bali (29 April), Universitas Brawijaya Malang (12 Mei), dan Kampus UNIMED, 27 Mei mendatang di Medan. (*)

 

Catatan Etta Adil, 26 April 2015

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT