BerandaAkademiaNASA Temukan Planet 'Kembaran' Bumi

NASA Temukan Planet ‘Kembaran’ Bumi

Laporan: Etta Adil

PALONTARAQ.ID, JAKARTA – Astronom yang tergabung dalam Lembaga Antariksa Amerika Serikat, NASA menemukan tempat lain di luar Galaksi Bima Sakti yang diduga dapat memberikan kehidupan.

Para astronom NASA telah menemukan eksoplanet TOI 700 e, yang merupakan dunia seukuran Bumi yang mengorbit di zona layak huni. NASA percaya planet ini berukuran sekitar 95 persen dari Bumi dan kemungkinan besar berbatu.

Planet ini ditemukan menggunakan Satelit Transit Exoplanet Survey (TESS) NASA, yang menyurvei ribuan eksoplanet di sekitar bintang terdekat. Eksoplanet yang dimaksud  merupakan planet di luar Galaksi Bimasakti.

Berada di zona layak huni berarti suhu planet memungkinkan air berada dalam keadaan cair. Jika planet ini terlalu panas, airnya akan mendidih. Jika terlalu dingin, itu akan menjadi es.

Dikutip dari situs nasa.gov, TOI 700 e adalah satu diantara dua planet dalam sistem bintangnya yang dapat memberikan kehidupan. Planet ini seukuran Bumi yang mengorbit di dalam zona layak huni planet tersebut.

“Ini adalah salah satu dari sedikit sistem dengan beberapa planet kecil zona layak huni yang kita ketahui,” kata Emily Gilbert, seorang akademisi di NASA’s Jet Propulsion Laboratory. “Itu menjadikan sistem TOI 700 prospek yang menarik untuk diteliti lebih lanjut,” ungkapnya.

TOI 700 telah diteliti dalam kurun waktu tertentu. Untuk detailnya, para astronom  butuh waktu satu tahun tambahan. “Kami menantikan penemuan menarik lainnya yang tersembunyi di harta karun data misi,” ujar Allison Youngblood, astrofisikawan dan ilmuwan wakil proyek TESS.

NASA mengatakan TOI 700 adalah planet yang terletak sekitar 100 tahun cahaya dari Bumi. Secara total, NASA telah menemukan empat ekoplanet yang mengitari sistem tersebut. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT