BerandaKesehatanPesan Dakwah Prof dr Veni Hadju, Ph.D: Stunting (10)

Pesan Dakwah Prof dr Veni Hadju, Ph.D: Stunting (10)

Oleh: Prof dr. Veni Hadju, Ph.D 

PALONTARAQ.ID – RAN PASTI adalah Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Angka Stunting yang merupakan Perban (Peraturan BKKBN ) no 12 tahun 2021. Ini adalah landasan operasiional percepatan penurunan stunting dari tingkat nasional sampai desa pada tahun 2021-2024.

Berbagai aktivitas yang terkait percepatan penurunan stunting dipaparkan secara lengkap dan sistematis. Dengan peraturan ini diharapkan target 14% angka prevalensi stunting naaional di tahun 2024 bisa tercapai

EMPAT PASTI adalah upaya yang bisa dijadikan pegangan agar kelompok sasaran menerima pelayanan secara optimal.

Pertama, pastikan bahwa seluruh sasaran tercakup dalam program.

Kedua, pastikan seluruh sasaran dapat mengakses pelayanan yang tersedia.

Ketiga, pastikan bahwa sasaran menerima program di tempat pelayanan.

Keempat, pastikan bahwa program yang dilaksanakan tercatat dan terlaporkan. Kelihatannya memang sepele, namun ke Empat Pasti itu hanya bisa dilaksanakan kalau semua personel melakukan tugasnya dengan baik dan optimal. Kerja cerdas dan kerja ikhlas tentu menjadi prasyarat.

BEKERJA itu adalah ibadah. Setiap bentuk pengabdian yang dilandasi niat ikhlas dan upaya memberikan yang terbaik pasti mendapat balasan kebaikan. Kadang ada perkerjaan yang kecil di mata manusia namun di sisi Sang Pencipta mengandung pahala yang tidak ternilai.

Lihatlah mereka yang senang bekerja di tempat terpencil, jauh dari fasilitas yang memadai. Mereka dengan sukarela ingin membantu kalangan dhuafa yang membutuhkan bantuan dan pertolongan. Kadang di tempat seperti ini listrik hanya menyala di malam hari, tidak ada sinyal, bahkan hubungan ke ibu kota kecatamaan harus diltempuh beberapa jam. Namun, mereka tetap tersenyum menyambut hari-harinya.

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Man ‘amila shaalihaa min zakarin au untsa wahuwa mu’min, falanuhyiyannahu hayaathan thayyibaa, walanajziyannahum ajrahum bi ahsani maakaanu ya’maluun (An-Nahl 16:97).

Artinya:

Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan baik laki-laki maupun perempuan dan dia beriman maka Kami pasti akan berikan kehidupan yang baik (di dunia) dan pasti akan kami berikan pahala yang lebih baik (di akhirat) dari apa yang mereka kerjakan.

BERBUATLAH YANG TERBAIK DAN BERHARAPLAH HANYA KEPADA-NYA NISCAYA ANDA AKAN BAHAGIA SELALU.

 

Pesan Dakwah 10 Rabbiul Awal 1444 H

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT