Beranda Berita Rapid Test mulai Hari Ini di Makassar, Gratis!

Rapid Test mulai Hari Ini di Makassar, Gratis!

 

Laporan: Etta Adil

PALONTARAQ.ID – Sepekan terakhir ini ramai diviralkan Rapid Test di Makassar akan digratiskan, khususnya bagi mereka yang akan melakukan perjalanan ke luar kota atau antar propinsi.

Oleh Pemerintah Kota Makassar, kebutuhan akan surat keterangan bebas Covid-19 dijawab dengan membuka layanan pemeriksaan gratis Rapid Test bagi Warga Kota Makassar sebelum ke luar daerah.

Pemerintah Kota Makassar dan Pemprov Sulsel memberlakukan Surat Bebas Covid-19 atau surat keterangan bebas Corona jika ingin meninggalkan Makassar dan sebaliknya masuk Kota Makassar. Hal ini mengingat Kota Makassar merupakan salah satu episentrum penyebaran Covid-19, khususnya di Sulsel.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan berharap dengan adanya program rapid test gratis ini akan membantu warga masyarakat yang hendak bepergian. Pemeriksaan ini juga akan dilengkapi dengan surat keterangan reaktif atau tidak terhadap Covid-19.

Program rapid test gratis ini mulai berlaku hari ini, Senin (6/7/2020). Sebelumnya Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah sudah menghimbau agar masyarakat memanfaatkan rapid test gratis ini jika akan bepergian keluar kota atau antar propinsi.

Pemeriksaan rapid test gratis akan berlangsung di dua lokasi yaitu, di Aula Balai Kartini Jl Masjid Raya Makassar dan Aula Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel Jl Perintis Kemerdekaan Kota Makassar.

“Ini kita gratiskan bagi yang mau berangkat, kebetulankan keterangan itu sudah mulai kita gunakan. Hal ini dilakukan sebagai upaya Pemerintah Sulsel hadir untuk warganya. Supaya tidak ada lagi orang yang mau berangkat lebih mahal biaya Swabnya daripada harga tiketnya,” ujar Nurdin Abdullah.

Sistem pemeriksaan dibangun untuk menghindari kerumunan dan bergerombol, termasuk alternatif mendaftar secara online.

Pemeriksaan rapid test ini juga sebagai upaya aktif pemerintah mencari dan menemukan warganya yang terpapar Covid-19.

“Sulsel menjadi salah satu dari lima provinsi dengan kasus terbanyak. Maka saya ingin katakan, jangan kita lihat kasus per hari tapi kita lihat tingkat kesembuhan, terus tingkat penularan,” urainya.

Bagi warga yang terkonfirmasi positif akan dilakukan penanganan tempat perawatan, gizi yang baik, vitamin yang bagus sehingga mereka lebih cepat sembuh.

Sementara itu, Penjabat Walikota Makassar Rudy Djamaluddin dalam kesempatan lain berjanji menaklukkan Virus Corona hingga Akhir Juli 2020. Salah satu langkahnya adalah Penyemprotan disinfektan massal di titik rawan digalakkan.

“Watak orang Makassar itu memiliki karakter pejuang. Ini modal besar bagi kita untuk mengendalikan Covid-19, mengenali cara penularannya dan mengetahui cara menghindarinya,” kunci Rudy.

Menurutnya, Pemerintah Kota Makassar tengah menggalang kekuatan bersama seluruh elemen masyarakat, baik itu kalangan ulama, organisasi pemuda, kalangan pengusaha, komunitas ibu-ibu, termasuk seluruh jajaran RT-RW untuk solid mengibarkan semangat perlawanan terhadap pandemi Covid-19

Saat ini, Penyebaran Covid-19 tertinggi di Makassar berada di Kecamatan Rappocini dengan jumlah kasus positif 375 pasien dan ODP 469 pasien, disusul Panakkukang dengan 368 pasien positif dan Biringkanaya dengan 357 pasien positif.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

HIGHLIGHT

Ujian Semester Ganjil Mapel SKI Kelas XII

Tulisan sebelumnya: Peristiwa Penting dalam Sejarah Nusantara Abad ke-17 Mata Pelajaran (Mapel): Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas/Semester: XII/Ganjil Guru Mapel: Muhammad Farid Wajdi, S.H.i Pengawas: Guru/Pembina Ponpes Modern...

Ujian Semester Ganjil Mapel SKI Kelas XI

  Tulisan sebelumnya: Metode, Waktu, dan Referensi Pembelajaran SKI: Sejarah Daulah Bani Umayyah Mata Pelajaran (Mapel): Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas/Semester: XI/Ganjil Guru Mapel: Muhammad Farid Wajdi, S.H.i Pengawas:...

Ujian Semester 3 Mapel SKI Kelas VIII

  Tulisan Sebelumnya: Asal Usul dan Sejarah Berdirinya Dinasti Abbasiyah Mata Pelajaran (Mapel): Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Guru Mapel: Muhammad Farid Wajdi, S.H.i Waktu: 60 Menit Pengawas: Guru/Pembina Ponpes...

Ujian Semester Ganjil Mapel SKI SMP/MTs Kelas VII

  Tulisan sebelumnya: Mengapa mesti Belajar Sejarah Kebudayaan Islam? Mata Pelajaran (Mapel): Sejarah Kebudayaan Islam Guru Mapel: Muhammad Farid Wajdi, S.H.i Pengawas: Guru/Pembina Ponpes Modern...