Berita Rapid Test mulai Hari Ini di Makassar, Gratis!

Rapid Test mulai Hari Ini di Makassar, Gratis!

-

- Advertisment -

 

Laporan: Etta Adil

PALONTARAQ.ID – Sepekan terakhir ini ramai diviralkan Rapid Test di Makassar akan digratiskan, khususnya bagi mereka yang akan melakukan perjalanan ke luar kota atau antar propinsi.

Oleh Pemerintah Kota Makassar, kebutuhan akan surat keterangan bebas Covid-19 dijawab dengan membuka layanan pemeriksaan gratis Rapid Test bagi Warga Kota Makassar sebelum ke luar daerah.

Pemerintah Kota Makassar dan Pemprov Sulsel memberlakukan Surat Bebas Covid-19 atau surat keterangan bebas Corona jika ingin meninggalkan Makassar dan sebaliknya masuk Kota Makassar. Hal ini mengingat Kota Makassar merupakan salah satu episentrum penyebaran Covid-19, khususnya di Sulsel.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan berharap dengan adanya program rapid test gratis ini akan membantu warga masyarakat yang hendak bepergian. Pemeriksaan ini juga akan dilengkapi dengan surat keterangan reaktif atau tidak terhadap Covid-19.

Program rapid test gratis ini mulai berlaku hari ini, Senin (6/7/2020). Sebelumnya Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah sudah menghimbau agar masyarakat memanfaatkan rapid test gratis ini jika akan bepergian keluar kota atau antar propinsi.

Pemeriksaan rapid test gratis akan berlangsung di dua lokasi yaitu, di Aula Balai Kartini Jl Masjid Raya Makassar dan Aula Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel Jl Perintis Kemerdekaan Kota Makassar.

“Ini kita gratiskan bagi yang mau berangkat, kebetulankan keterangan itu sudah mulai kita gunakan. Hal ini dilakukan sebagai upaya Pemerintah Sulsel hadir untuk warganya. Supaya tidak ada lagi orang yang mau berangkat lebih mahal biaya Swabnya daripada harga tiketnya,” ujar Nurdin Abdullah.

Sistem pemeriksaan dibangun untuk menghindari kerumunan dan bergerombol, termasuk alternatif mendaftar secara online.

Pemeriksaan rapid test ini juga sebagai upaya aktif pemerintah mencari dan menemukan warganya yang terpapar Covid-19.

“Sulsel menjadi salah satu dari lima provinsi dengan kasus terbanyak. Maka saya ingin katakan, jangan kita lihat kasus per hari tapi kita lihat tingkat kesembuhan, terus tingkat penularan,” urainya.

Bagi warga yang terkonfirmasi positif akan dilakukan penanganan tempat perawatan, gizi yang baik, vitamin yang bagus sehingga mereka lebih cepat sembuh.

Sementara itu, Penjabat Walikota Makassar Rudy Djamaluddin dalam kesempatan lain berjanji menaklukkan Virus Corona hingga Akhir Juli 2020. Salah satu langkahnya adalah Penyemprotan disinfektan massal di titik rawan digalakkan.

“Watak orang Makassar itu memiliki karakter pejuang. Ini modal besar bagi kita untuk mengendalikan Covid-19, mengenali cara penularannya dan mengetahui cara menghindarinya,” kunci Rudy.

Menurutnya, Pemerintah Kota Makassar tengah menggalang kekuatan bersama seluruh elemen masyarakat, baik itu kalangan ulama, organisasi pemuda, kalangan pengusaha, komunitas ibu-ibu, termasuk seluruh jajaran RT-RW untuk solid mengibarkan semangat perlawanan terhadap pandemi Covid-19

Saat ini, Penyebaran Covid-19 tertinggi di Makassar berada di Kecamatan Rappocini dengan jumlah kasus positif 375 pasien dan ODP 469 pasien, disusul Panakkukang dengan 368 pasien positif dan Biringkanaya dengan 357 pasien positif.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Jangan alihkan Kesalahan Polri pada Surat jalan Djoko Tjandra

Oleh: Asyari Usman PALONTARAQ.ID - Sengaja atau tidak, pimpinan Polri berusaha mengalihkan fokus kesalahan Polri secara institusional menjadi kesalahan Brigjen...

Rakyat dibayangi Pertanyaan: Mungkinkah Komunisme-PKI bangkit kembali?

  Oleh: Asyari Usman PALONTARAQ.ID - Kalau pernyataan Menko Polhukam Mahfud MD (31/5/2020) dijadikan pegangan, tampaknya tidak mungkin PKI bisa hidup...

Ayasofya Camii!

  Oleh: Ustadz Felix Siauw PALONTARAQ.ID - Salah satu keinginan terbesar saya ketika menulis buku "Muhammad Al-Fatih 1453", adalah sujud di...

Presiden Jokowi Memang Harus Ngeri!

  Oleh: Hersubeno Arief PALONTARAQ.ID - Presiden Jokowi kembali menyatakan betapa berbahayanya situasi dunia, khususnya Indonesia. Jokowi bahkan menggunakan kosa kata yang...

Jokowi merasa Ngeri!

  Oleh: Asyari Usman PALONTARAQ.ID - Presiden Jokowi mengatakan dia ngeri dengan situasi yang akan dihadapi. Pertumbuhan ekonomi bisa minus 8%. Pak...

Denny Siregar tak perlu Minta Maaf!

Oleh: Asyari Usman PALONTARAQ.ID - Pegiat medsos pro-penguasa, Denny Siregar (DS), didesak untuk meminta maaf kepada seluruh santri dan kiyai. Dia...

Must read

- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you