BerandaKhazanah7 Amalan pada Hari Jumat

7 Amalan pada Hari Jumat

Oleh: Muhammad Farid Wajdi

Tulisan Sebelumnya:  Khutbah Jumat: Tugas Ulama, Meluruskan Penyimpangan Penguasa

 

فــُوائــــــــد كــبــــــــــــيرۃ تختص بسيد الأيام يوم الجمعة

١. من قال بعد غسل الجمعة مائة مرة يامهيمن رزقه الله المهابة والجلال

٢. من قرأ بين أذاني الجمعة سورة القدر ٧ مرات، قضى الله دينه

٣. من قال بعد صلاة الجمعة ٣٣ مرة يا باطن، جعله الله من أهل الباطن

٤. من قرأ وهو ثان رجليه بعد صلاة الجمعة وقبل أن يتكلم الفاتحة والإخلاص

والفلق والناس كل واحدة ٧ مرات، حفظه الله من كل سوء إلى الجمعة القابلة

٥. من قال بعد الجمعة مائة مرة اللهم أكفني بحلالك عن حرامك واغنني بفضلك

عمن سواك، لم تمض عليه جمعة إل وأغناه الله أي: سخر له رزقآ

٦. من قال ساعة الدعاء للمؤمنين والمؤمنات في الخطبة : ياغني يامغني أربعين مرة؛

يقول في رأس كل عشر منها : أغنني ، إلا وسع الله عليه رزقه

٧. من صلى على النبي صلى الله عليه وسلم بعد عصر الجمعة (بأي صيغة ) ثمانين مرة

غفر له ذنوب ثمانين سنة ، فإن لم يكن عليه مايقابل هذا غفر ﻵبائه ورفع في درجاته

وورد أن من صلى بهذه الصيغة : (اللهم صل على سيدنا محمد النبي الأمي

وعلى آله وصحبه وسلم تسليما) بعد عصر الجمعة كتب له عبادة ثمانين سنة مع ما ذكر

ومن اكثر الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم يكفى همه ويغفر ذنبه ويقضى دينه

وكانت له شفاعة عند النبي صلى الله عليه وسلم وكان اقرب منزلا من النبي صلى الله عليه وآله وسلم يوم القيامة

مستفاد من مجالس الحبيب زين بن سميط والحبيب سالم الشاطري حفظهم الله

 

PALONTARAQ.ID – Dalam ajaran Islam, semua hari adalah baik. Akan tetapi ada satu hari yang didalamnya memiliki kemuliaan dan keutamaan tersendiri, serta  juga memiliki nilai historis dalam Sejarah Islam. Hari tersebut tak lain adalah hari Jum’at, menurut kalender hijriah.

Hari Jum’at adalah hari  keenam dalam satu pekan. Kata Jumat itu sendiri berasal dari Bahasa Arab, “Jumu’ah” yang berarti berkumpul, karena pada hari itu semua Orang Islam yang laki-laki akan berkumpul ketika Shalat Jum’at.

Hari Jumat mempunyai beberapa keutamaan dibandingkan dengan hari lainnya karena berbagai hal, berikut ini  Faedah Agung Yang Khusus diamalkan di Hari Jum’at, yaitu:

1. Barangsiapa yang membaca Ya Muhaimin 100 x setelah mandi jum’ah, maka Allah سبحانه وتعالى akan memberikan kewibawaan dan kemulyaan.

2. Barangsiapa yang membaca surat Al-Qodar 7x antara 2 adzan di hari jum’ah, maka Allah سبحانه وتعالى akan melunasi semua hutangnya.

3. Barangsiapa yang berucap Ya Baathin 33x setelah sholat jum’ah, Allah سبحانه وتعالى akan menjadikan-nya dari ahli bathin.

4. Barangsiapa setelah sholat jum’at membaca Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas masing 7x tanpa merubah posisi duduknya (tasyahhud akhir) dan tanpa berbicara sebelumnya, maka Allah سبحانه وتعالى akan menjaganya dari semua kejelekan sampai jum’at berikutnya.

5. Barangsiapa setelah sholat jum’ah membaca ALLOOHUMMA AKFINIY BIHALAALIKA ‘AN HAROOMIKA WAGHNINIY BIFADLIKA ‘AMMAN SIWAAK, maka segala kebutuhannya akan terpenuhi hingga hari berikutnya.

6. Barangsiapa yang berdoa YAA GHONIYYU YAA MUGHNIIY 40X, setiap 10 dari bacaan tersebut ditambahi AGHNINIY, ketika do’a mukminin mukminaat pada khutbah kedua, maka Allah سبحانه وتعالى akan meluaskan rizkinya.

7. Barangsiapa yang bersholawat kepada Nabi صلى الله عليه و سلم setelah ashar hari jum’at 80x, maka Allah سبحانه وتعالى akan mengampuni dosanya 80 tahun, jika memang si pembaca tidak memiliki dosa sebanyak itu,maka keutamaan tersebut akan diberikan kepada kedua orangtuanya dan Allah سبحانه وتعالى akan mengangkat derajat mereka.

Ada riwayat bahwasan-nya yang membaca sholawat dengan sighoh ini ALLOOHUMMA SHOLLI ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN NABIYYIL UMMIY WA ‘ALAA AALIHI WASOHBIHI WA SALLIM TASLIIMAA setelah asar hari jum’at, maka akan ditulis untuknya pahala ibadah 80 tahun.

“Barangsiapa yang memperbanyak sholawat atas Nabi صلى الله عليه و سلم , maka Allah سبحانه وتعالى akan menyelesaikan semua urusannya, mengampuni segala dosanya, melunasi hutangnya, dan sholawat tersebut akan menjadikan sebab dia memperoleh syafaat Nabi صلى الله عليه و سلم , dia kan berada paling dekat kedudukan-nya di sisi Nabi صلى الله عليه و سلم pada saat hari kiamat”

Semoga bermanfaat adanya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT