Peresepan Herba untuk Ambeien

by Penulis Palontaraq | Selasa, Jun 11, 2019 | 39 views
Ilustrasi - Ambeien (Wasir)

Ilustrasi – Ambeien (Wasir)

Laporan: Muhammad Farid Wajdi

PALONTARAQ.ID – Ambeien, dalam pemahaman umum disebabkan karena adanya pembengkakan pembuluh darah meradang atau bengkak di sekitar anus. Biasanya diikuti dengan rasa gatal dan nyeri, sehingga kerapkali mengganggu aktivitas, terlebih saat atau setelah buang air besar.

Ambeien, disebut juga Wasir, dapat muncul di dalam rektum (saluran yang menghubungkan usus besar dengan anus) atau di sekitar anus (dubur). Biasanya wasir disebabkan karena sering dan kelamaan mengejan saat BAB (buang air besar).

Penyakit ini masih dibagi menjadi dua jenis, yaitu: Pertama, Internal hemorrhoid, muncul di dalam saluran rektum, biasanya tidak nyeri tapi menyebabkan BAB berdarah. Kedua, External hemorrhoid, terletak di luar anus, terasa gatal atau nyeri, terkadang bisa robek dan berdarah.

Lihat juga:  Herba Alami untuk Atasi Batuk

Peresepan Herba

Wasir atau Ambeien tidak menular. Biasanya wasir dapat sembuh sendiri atau dapat disembuhkan dengan mudah menggunakan obat wasir. Secara tradisional, dapat pula disembuhkan dengan cara peresepan herba.

Untuk mengatasi ambeien, berikut ini bahan-bahan herba yang dibutuhkan, yaitu Tempuyung 15 gr, Tapak liman 10 gr, Daun ungu 10 gr, Daun iler 10 gr, dan Pulosari 1/2 jari

Caranya, kumpulkan semua bahan peresepan herba ambeien tersebut, lalu dicuci potong-potong dan rebus dengan air sebanyak 5 gelas hingga tersisa menjadi 2 gelas. Setelah itu airnya disaring. Minum 2x perhari pergelas ditambah sari kurma 1 sendok makan dan tambahkan air asem jawa 1/4 gelas.

Lihat juga: Cara Mengatasi Asam Lambung

Ramuan Oles untuk Ambeien

Untuk mengatasi ambeien yang diderita, dapat pula dibuat Ramuan Oles dari bahan herba Daun iler 3 lembar, Bangle 1 ibu jari, dan Minyak Zaitun 1 sendok teh (sdt). Caranya membuatnya, cukup Daun iler dan bangle tumbuk halus tambah zaitun campur dan aduk rata. Setelah itu, oleskan satu kali perhari pada area anus dan lubang anus.

Demikian, semoga bermanfaat adanya. (*)

Like it? Share it!

Leave A Response