Ingin Sukses? Ikuti 5 Orang Hebat Sekelilingmu!

by Penulis Palontaraq | Kamis, Jan 31, 2019 | 141 views
Ilustrasi (foto: juegosrev.com)

Ilustrasi (foto: juegosrev.com)

Oleh:  Ummu ‘Adil

CERITA  ini tentang salah satu Tips Sukses. Bahwa seorang yang sukses adalah seorang yang dapat mempengaruhi dan dipengaruhi oleh orang lain, khususnya orang hebat di sekitarnya. Seorang yang sukses adalah seorang yang memiliki teman seirama, sejalan, sefrekuensi di sekitarnya dalam hal tujuan, destinasi, impian, harapan dan cita-cita.

Tak ubahnya seperti pengemudi yang mampu menyeimbangkan kecepatan kendaraannya dengan kendaraan di depannya, namun tetap dalam kondisi kecepatan tinggi namun terjaga, terkontrol, dan teraman di jalurnya, sekalipun di sekitarnya persaingan tak dapat dihindarkan.

Jika diumpamakan seorang pengemudi mobil. Cerita ini mengambil perumpamaan seorang yang berada di jalur  tol. Dari arah belakang, ada seseorang yang mengemudikan sebuah Mobil Lexus berwarna hitam, melaju dengan kecepatan tinggi.

Meski begitu sang pengemudi Lexus hitam  melaju dengan kecepatan tinggi, tapi tidak memaksakan kehendak. Jika mobil di depannya tidak mau memberi jalan, maka ia yang mengalah dengan mengambil jalan ke kiri dahulu baru kemudian balik lagi ke jalur kanan.

Ternyata cara mengemudi yang khas dari pengemudi Lexus hitam ini menginspirasi pengendara di belakangnya. Supaya tidak ngantuk karena menyetir sendirian, pengemudi di belakangnya tertarik dengan cara menyetir si mobil Lexus hitam ini. Iseng-iseng pengemudi di belakangnya  membuntuti mobil tersebut dari belakang.  Mengikuti  caranya menyetir, termasuk kecepatannya.

Ketika tidak ada mobil lain di tol, kecuali Mobil  Lexus hitam tersebut dan mobil di belakangnya menambah kecepatannya. Karena sedang membuntuti,  mobil di belakangnya tanpa sadar ikut menambah kecepatan mobil.  Terlihat di panel kecepatan, menunjukkan angka 160 km/jam. Padahal selama ini, pengendara mobil di belakangnya kecepatan paling tinggi mengemudi dengan kecepatan 140 km/jam dan tidak berani melaju diatas itu.

Tapi dengan adanya mobil Lexus hitam yang diikutinya, ia bisa menembus rekor kecepatan mobil 160 km/jam.  Sesuatu yang sulit dilakukannya  jika tidak ada sparing partner.  Suatu waktu berhenti di suatu tempat, sang pengemudi  kehilangan mobil Lexus hitam di depannya dan ketika kembali  memacu kendaraannya, mulai mencoba berlari 160 km/jam lagi dan  berhasil mencapai kecepatan tersebut tetapi tidak berani terlalu lama karena belum terbiasa. Ketika kemudian ada mobil lain lagi yang melaju dengan kecepatan tinggi, kembali bisa membuntuti, dan  masuk lagi ke kecepatan 160 km/jam dengan durasi yang cukup lama.

Nah, cerita diatas sebenarnya sama saja dengan kehidupan ini !

Seringkali kita merasa sesuatu dengan maksimal.  Kita merasa tidak mungkin lagi melakukan sesuatu yang lebih baik dan lebih maju lagi. Yang kita butuhkan untuk stabil dalam kecepatan cepat adalah mempunyai sparring partner. Teman seperjalanan yang lebih hebat dari kita. Entah itu seorang atasan, seorang coach, seorang mentor, role model atau apapun, maka kita bisa terpacu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, lebih maju dan lebih berprestasi lagi.

Namun jika kita belum matang belajar dari sparring partner kita dan mencoba untuk mandiri, mungkin agak sulit bagi kita untuk terus berada di kondisi sama seperti ketika ada sparring partner. Nantinya jika kita sudah mempunyai pola dan terbiasa, barulah kita mulai bisa mandiri. Hal inilah yang sebenarnya dimaksudkan oleh Robert Kiyosaki, seorang motivator sukses bahwa penghasilan seseorang ditentukan 5 orang terdekatnya.

Ilustrasi diatas mengenai kecepatan mobil bisa menjelaskan pernyataan dari Robert Kiyosaki tersebut. Jika orang-orang di dekat kita hanya biasa-biasa saja, maka sulit bagi kita untuk melakukan sesuatu yang luar biasa. Namun kalau kita biasa tetapi disekeliling kita Orang-orang yang luar biasa, maka kita akan terpacu untuk juga menjadi orang yang luar biasa.

Apakah ada penjelasannya secara  Sains? Ternyata Ada! Di dalam otak manusia ada sekumpulan Sel Syaraf yang disebut Mirror Neuron, dan bertugas meniru apa yang dilakukan orang lain. Bisa jadi itu orang tua atau orang yang kita idolakan.

Jika di sekeliling kita adalah Orang-orang hebat dan luar biasa, maka Mirror Neuron kita akan meniru mereka sehingga menjadikannya juga hebat dan luar biasa. Begitu pula sebaliknya, maka Mirror Neuronpun juga akan meniru yang sebaliknya. Siapa Mobil Lexus hitam yang akan kita ikuti  agar bisa menembus kecepatan tertinggi selama ini?

Siapa Orang hebat dan luar biasa yang bisa kita ikuti agar bisa menembus batas yang selama ini membatasi hidup anda? Segera temukan orang tersebut! Ikuti dan Pelajari bagaimana ia memandang dirinya, bagaimana keyakinan dan nilai-nilai kehidupan yang dipegangnya,  bagaimana ia membangun kapabilitasnya, bagaimana tingkah lakunya, maka anda akan mendobrak batas yang selama ini membatasi hidup anda!

Cari komunitas yang bisa saling memberikan kontribusi dan memotivasi agar kita bisa selalu berbuat yang terbaik. Pengalaman yang sangat bisa dibuktikan dan dilakukan oleh kita.

Temukan teman diatas rata-rata dan teruslah maju. Walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa teman-teman dekat kita merupakan cerminan dari Nilai-nilai kehidupan yang kita anut, cita-cita dan minat, hobi, dan lain-lain yang terpilih dan terseleksi secara naluriah dan alamiah.

Semoga Bermanfaat adanya. (*)

Like it? Share it!

Leave A Response