Beranda Kesehatan Anak Sakit tak harus ke Rumah Sakit

Anak Sakit tak harus ke Rumah Sakit

Anak sakit tak harus dibawa ke Puskesmas atau Rumah Sakit. (foto: dailymoslem)
Anak sakit tak harus dibawa ke Puskesmas atau Rumah Sakit. (foto: dailymoslem)

Oleh:  Ummu ‘Adil

PALONTARAQ.ID – Biasanya orang tua gelagapan saat anaknya sakit, khususnya bagi pasangan baru. Tak jarang langsung bertindak membawanya ke Puskesmas atau Rumah Sakit, tanpa terlebih dahulu mengenali lebih jauh apa sebenarnya terjadi pada anaknya.

Disinilah pentingnya Orangtua belajar pengetahuan dasar Kesehatan sehingga dapat melakukan tindakan pertama ketika anaknya sakit.

Pemahaman yang baik tentang tindakan pertama ketika anak sakit akan mengarahkan keputusan Orangtua bahwa anak sakit tak harus dibawa ke dokter, puskesmas atau rumah sakit.

Berikut ini beberapa tips tindakan yang harus dilakukan orang tua kala mendapati anaknya sakit, khususnya untuk gejala demam, pilek dan hidung tersumbat, batuk, sakit tenggorokan, diare, sariawan, cacingan, mengobati luka lecet, bisul serta mengatasi anak yang sudah makan.

(1) Demam

Untuk mengatasi demam pada anak, berikan baju tipis, kompres badannya dengan air hangat, baluri tubuhnya dengan bawang merah secukupnya lalu berikan madu dan air kelapa muda.

(2) Pilek dan Hidung tersumbat

Hirup uap air panas yang ditetesi minyak telon atau minyak kayu putih. Jaga kondisi ruangan dan suhu kamar agar tetap lembab dengan mematikan AC dan menyiapkan ember yang berisi air panas yang ditetesi minyak telon di sudut kamar. Untuk bayi bisa ditempeli di pelipisnya pala bubuk yang ditetesi minyak telon.

Untuk perawatan kesehatan dasar bisa dilakukan oleh orang tua sendiri. (foto: ist/palontaraq)
Untuk perawatan kesehatan dasar bisa dilakukan oleh orang tua sendiri. (foto: ist/palontaraq)

(3) Batuk

Untuk mengatasi batuk pada anak bisa diberikan jeruk nipis dan madu, atau bunga belimbing ditambah madu, atau kencur yang diperas dan diberi madu

(4) Sakit Tenggorokan

Ketika terjadi sakit tenggorokan pada anak, maka umumnya anak cenderung susah makan karena sakit ketika akan menelan makanan.

Untuk anak yang sudah besar bisa berkumur menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam, air garam mampu membunuh kuman dan mencegah peradangan.

Meminum air hangat dengan perasan jeruk nipis dan madu mampu mengobati sakit tenggorokan akibat peradangan.

(5) Diare

Ketika menghadapi anak diare yang harus dilakukan adalah memberi minum sebanyak-banyaknya untuk menggantikan cairan yang keluar sehingga anak tidak mengalami dehidrasi.

Bisa diberikan oralit campuran air, garam dan gula. Daun jambu biji muda juga dipercaya mampu mengatasi diare. Lakukan diet BRATY (banana, rice, applesauce, toast=roti, yogurt).

(6) Sariawan

Sariawan pada anak bisa disebabkan oleh kuman dan kurangnya kebersihan mulut, untuk mengatasi sariawan bisa menggunakan daun saga yang ditumbuk dan ditetesi madu lalu ditempelkan pada titik sariawan.

(7) Cacingan

Cacingan banyak dialami oleh Anak-anak, selain menggunakan obat cacing ternyata ada cara alami yang bisa digunakan untuk membunuh cacing dalam perut yaitu petai, kandungan belerang dan tannin pada petai mampu membunuh cacing dalam perut dan mengeluarkannya melalui tinja anak.

(8) Mengobati Luka lecet

Dari yang tersayat pisau saat memotong bahan-bahan makanan di dapur, atau lecet karena terjatuh bisa disembuhkan dengan minum madu.

Selain kaya nutrisi, madu murni juga berkhasiat sebagai desinfektan. Oleskan sedikit madu murni pada bagian yang luka, diamkan selama beberapa menit lalu ulangi mengoleskannya beberapa kali dalam sehari.

(9) Bisul

Untuk mengatasi bisul pada anak bisa menggunakan daun bayam duri yang digiling dan ditambahkan madu, setelah itu tempelkan pada titik bisul.

Setelah bisul kering oleskan putih telur dan madu untuk menghilangkan bekas bisul sehingga kulit dapat menjadi mulus kembali.

(10) Mengatasi Anak susah makan

Untuk mengatasi anak susah makan berikan herbal berupa temulawak. Temulawak berkhasiat merangsang nafsu makan pada anak.

Semoga bermanfaat. Wallahu ‘alam bish-shawab. (*)

Penulis Palontaraqhttps://palontaraq.id/
M. Farid W Makkulau, pemerhati budaya dan penikmat sejarah. Kerap kali menggunakan nama pena Etta Adil saat menulis reportase, karya fiksi dan laporan perjalanan. Pernah menggeluti 10 tahun dunia jurnalistik, sebelum memutuskan mengisolasi diri di lingkungan sekolah islam sebagai seorang guru Selengkapnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

HIGHLIGHT

Kantin Putri IMMIM dinyatakan sebagai Kantin Sehat

  Laporan: Nurhudayah Lihat pula: Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel kunjungi Hotspot Center Putri IMMIM PALONTARAQ.ID - Satu lagi prestasi yang ditorehkan Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM...

Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel kunjungi Hotspot Center Putri IMMIM

  Lihat pula: Ketua TP PKK Sulsel kunjungi Ponpes Modern Putri IMMIM Laporan: Nurhudayah PALONTARAQ.ID - Dalam kunjungannya ke Kampus Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM Pangkep,...

Santri Putri IMMIM Ikuti Program Pesantren Sehat

  Laporan: Nurhudayah PALONTARAQ.ID - Sebanyak 20-an santriwati didampingi Guru/Pembina Pondok Pesantren Modern (PPM) Putri IMMIM dari perwakilan berbagai tingkatan, Rabu kemarin (18/11/2020) mengikuti dengan hikmat...

Ketua TP PKK Sulsel Kunjungi Ponpes Putri IMMIM

  Laporan: Nurhudayah PALONTARAQ.ID - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan Lies F Nurdin secara mendadak melakukan kunjungan silaturrahim ke Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Putri...