Beranda Berita Internasional PM Inggris Izinkan Masjid dibuka kembali, dengan Protokol Kesehatan ketat

PM Inggris Izinkan Masjid dibuka kembali, dengan Protokol Kesehatan ketat

 

Laporan: Etta Adil

PALONTARAQ.ID, LONDON – Perdana Menteri (PM) Inggris, Boris Johnson, telah mengumumkan secara resmi bahwa semua tempat ibadah di Inggris, termasuk masjid, akan diizinkan untuk dibuka kembali.

Meski begitu, semua rumah ibadah tersebut diizinkan dibuka kembali dengan himbauan tetap menerapkan aturan baru Covid-19, terkait protokol kesehatan.

Hal ini ditempuh PM Inggris, Boris Johnson ditengah masih adanya kekhawatiran bahwa gelombang kedua pandemi Covid-19 akan melanda Inggris dalam beberapa bulan mendatang.

Inggris telah melaporkan 2.659 kasus virus corona lainnya pada Rabu, hari keempat dari lebih dari 2.000 kasus yang dilaporkan.

Berbicara di Downing St, PM Boris Johnson mengungkapkan bahwa aturan baru diperlukan guna mencegah penerapan lockdown kedua.

Ia mengatakan, mulai Senin mendatang, Inggris akan memperkenalkan aturan enam.

masjid-sentral-london-london-central-mosque-di-regents-park-_200223152702-453
Masjid Jami’ London di Regents Park, London utara, Inggris. (Foto: Victoria Jones/PA via AP)

“Anda tidak boleh bertemu secara sosial dalam kelompok lebih dari enam, dan jika dilanggar, Anda akan melanggar hukum. Ini akan berlaku di semua pengaturan, di dalam atau di luar ruangan, di rumah atau di tempat umum.” kata Johnson

“Larangan itu akan diatur dalam undang-undang dan akan ditegakkan oleh polisi, siapa pun yang melanggar aturan berisiko dibubarkan, didenda, dan mungkin ditangkap,” tambahnya, dilansir di Spillarsuk, Kamis (10/9).

Selain itu, katanya, langkah tunggal ini menggantikan larangan yang ada pada pertemuan lebih dari 30 orang dan pedoman saat ini yang memungkinkan dua rumah tangga untuk bertemu di dalam ruangan.

PM Boris Johnson menegaskan agar masyarakat mengingat aturan enam itu. Meski demikian, ia menyebut akan ada beberapa pengecualian terbatas.

Pengecualian itu, misalnya jika satu rumah tangga atau relasi dekat ialah lebih besar dari enam orang, mereka masih bisa berkumpul.

Selain itu, kata dia, tempat-tempat aman Covid seperti tempat ibadah, gym, restoran, dan tempat perhotelan masih dapat menampung lebih dari enam orang secara total.

Namun, di dalam tempat tersebut, tidak boleh ada kelompok individu yang lebih besar dari enam, dan kelompok-kelompok tidak boleh bercampur secara sosial atau membentuk kelompok yang lebih besar.

“Pendidikan dan pengaturan kerja tidak terpengaruh, pernikahan dan pemakaman yang Aman Covid dapat dilanjutkan, hingga batas 30 orang, dan olahraga yang terorganisir masih dapat dilanjutkan,” tambahnya.

Dengan demikian, pertemuan sosial lebih dari enam orang tidak akan diizinkan secara hukum mulai 14 September 2020 mendatang.

Aturan baru tersebut berlaku bagi warga di rumah pribadi, indoor dan outdoor, dan tempat-tempat seperti pub, restoran, kafe, dan public space lainnya, serta berlaku untuk semua usia.

Aturan tersebut dikecualikan berlaku untuk sekolah dan tempat kerja, atau pernikahan, pemakaman, dan tim olahraga yang terorganisir. Sementara itu, daftar lengkap pengecualian akan dipublikasikan sebelum perubahan Undang-undang.

Orang yang mengabaikan polisi dapat didenda sebesar 100 poundsterling, dua kali lipat dengan setiap pelanggaran menjadi maksimum 3.200 poundsterling.

Sebelumnya, banyak masjid di seluruh Inggris kembali dibuka pada Juli lalu, setelah ditutup karena aturan lockdown. Meski dibuka kembali, masjid dibuka kembali dengan langkah-langkah jarak sosial yang ketat.

Penulis Palontaraqhttps://palontaraq.id/
M. Farid W Makkulau, pemerhati budaya dan penikmat sejarah. Kerap kali menggunakan nama pena Etta Adil saat menulis reportase, karya fiksi dan laporan perjalanan. Pernah menggeluti 10 tahun dunia jurnalistik, sebelum memutuskan mengisolasi diri di lingkungan sekolah islam sebagai seorang guru Selengkapnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

HIGHLIGHT

Sudah Saatnya dibentuk Kementerian Penangkapan Aktivis

Oleh: Asyari Usman PALONTARAQ.ID - Salah satu fokus utama Amerika Serikat (AS) setelah kemerdekaannya (4 Juli 1776) adalah pembangunan kekuatan militer. Ini dibuktikan ketika presiden pertama...

Omnibus Law Itu Strategi Jokowi untuk Menyingkirkan Oligarki Cukong

  Oleh: Asyari Usman PALONTARAQ.ID - Bergegas saya ke laptop. Khawatir inspirasi hilang. Inspirasi itu datang ketika sedang olahraga kecil di belakang rumah. Senam rutin itu...

Pesan Dakwah: Manisnya Madu

  Lihat pula: Khasiat Madu saat Dicampur Kayu Manis Oleh: Prof. dr. Veni Hadju, Ph.D PALONTARAQ.ID - Penjualan madu di Indonesia meningkat selama Pandemi Covid-19. Walaupun meningkat,...

Di IMMIM Pangkep, Upacara Hari Santri Nasional digelar dengan Protokol Kesehatan

  Laporan: Dra Nurhudayah PALONTARAQ.ID - Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Putri IMMIM Pangkep yang sejak 9 dan 11 Agustus lalu telah memasukkan santriwati baru ke sekolah dan...