BerandaEkonomiDi Sekitar Benih Lobster

Di Sekitar Benih Lobster

Ilustrated by: wimpoli
Ilustrated by: wimpoli

Oleh: W.I.M Poli

PALONTARAQ.ID – Sudah biasa orang dengar slogan “TEAM” sebagai kepanjangan dari “Together Everyone Achieves More.” Bersama-sama, dalam kelompok kerja, setiap anggota mencapai lebih banyak. Antara slogan dan kenyataan mungkin saja ada kesenjangan, yang dimulai dengan perbedaan pendapat.

Dalam tubuh Kabinet Presiden Joko Widodo Jilid II, msalnya, tampak perbedaan 180 derajat antara kebijakan pelarangan ekspor benih lobster oleh menteri terdahulu – yang tentunya disetujui presiden – dan pencabutan larangan tersebut oleh menteri yang baru – yang belum diketahui apakah disetujui oleh presiden atau tidak.

Masing-masing pihak tentunya mempunyai alasan yang masuk akal, yang diyakininya. Muncullah berbagai pendapat pro-kontra. Sementara itu, masyarakat menunggu apakah Presiden:

(1) Menganggap tidak ada masalah;

(2) Menganggap ada masalah tetapi harus dipecahkan sendiri oleh menteri yang bersangkutan;

(3) Menganggap ada masalah, yang akan dipecahkannya pada waktu yang tepat, entah kapan.

Syarat pertama berlakunya slogan “TEAM” ialah kesepakatan para anggota tentang tujuan yang mau dicapai. Dalam hal Kabinet Jilid II, dapat diasumsikan bahwa para menteri dipilih karena diyakini:

(1) Mereka menerima “Nawa Cita” sebagaimana yang dimaksudkan;

(2) Mereka mampu mencapainya di bidang kerja masing-masing;

(3) Kepentingan pribadinya tidak berbenturan dengan tujuan pencapaian Nawa Cita:

(4) Ada kesediaan berkomunikasi yang tulus dan saling memahami di antara para menteri.

Pertanyaan yang menggelitik ialah: Apakah syarat-syarat ini dipenuhi, kini dan dalam waktu-waktu mendatang, serta apa akibatnya?

Renungan: Sementara menunggu apa yang terjadi di atas sana, terbentuk di lapisan akar rumput tingkat KEPERCAYAAN masyarakat terhadap pemerintah, yang turut membentuk suasana kerja nasional, menuju Indonesia 2045. Tidak mustahil bahwa dari dinamika pro-kontra akan lahir sinergi yang melegakan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT