Jokowi Bantah Dikaitkan dengan Konsultan Stanley Greenberg

by Penulis Palontaraq | Kamis, Feb 7, 2019 | 92 views
Konsultan Politik Stanley Greenberg

Konsultan Politik Stanley Greenberg

JAKARTA, Palontaraq.id– Capres Petahana Joko Widodo (Jokowi) membantah kalau dirinya dan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin menggunakan jasa konsultan Amerika Serikat (AS) Stanley Greenberg. Jokowi menegaskan dirinya tidak terkait dengan Stanley. “Hehehe. Itu hoax. Itu Nggak perlu dijawab,” ujar Jokowi usai menghadiri Perayaan Imlek Nasional 2019 di JIEXpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (7/2/2019).

Sebelumnya, Jubir BPN Andre Rosiade yang mengaitkan Stanley Greenberg sebagai konsultan Jokowi untuk Pilpres. Fadli Zon juga mengaku mendengar informasi serupa. Andre Rosiade mengirimkan informasi soal website lembaga konsultan politik Amerika Serikat, The Political Strategist, yang salah satu kontributornya adalah Stanley Bernard Greenberg. Website ini mengulas sedikit biografi Stanley yang merupakan ahli strategi politik dan mitra pendiri di Greenberg Quinlan Rosner Research (GQR), sebuah perusahaan riset dan kampanye politik di Washington.

The Political Strategist merinci sejumlah daftar klien Greenberg sebagai penyurvei dan ahli strategi politik. Beberapa di antaranya merupakan pemimpin negara yang namanya cukup terkenal, seperti Presiden AS Bill Clinton, Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela, Wakil Presiden AS Al Gore, Perdana Menteri Inggris Tony Blair, Senator sekaligus eks Menlu AS John Kerry, Kanselir Jerman Gerhard Shroder hingga Presiden RI Joko Widodo.

Isu tersebut sebelumnya juga sudah dibantak TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, sekaligus tunjukkan bukti Stanley tak pernah jadi konsultan Jokowi. “Itu hoax lagi. Entah itu website siapa yang buat, yang jelas Greenberg dan organisasi resminya tidak memakai website itu. Semburan hoax semacam ini adalah bagian dari strategi besar mereka: firehose of falsehood,” ujar Jubir TKN Jokowi-Ma’ruf, Ace Hasan seraya menunjukkan bahwa situs https://www.gqrr.com/clients#us-camp adalah portal resmi lembaga konsultan Greenberg.

Sementara itu, Jessica Reis lewat cuitannya di twitter menegaskan bahwa website resmi Stanley Greenberg bukan The Political Strategist, melainkan Greenberg Quinlan Rosner. Jessica mengatakan pihaknya bekerjasama dengan banyak pemimpin dunia, tapi tidak termasuk Jokowi. Ia juga menunjukkan website resmi lembaganya, https://www.gqrr.com/ yang mencantumkan klien-klien Stanley Greenberg dan partners. Di daftar klien tersebut, tak ada nama Jokowi di dalamnya. (*)

Like it? Share it!

Leave A Response