Beranda Kesehatan Bekam Dahsyatnya Bekam: Sembuh dengan Satu Titik

Dahsyatnya Bekam: Sembuh dengan Satu Titik

Dua Buku Seri "Sembuh dengan Satu Titik" (foto: mfaridwm)
Dua Buku Seri “Sembuh dengan Satu Titik” (foto: mfaridwm)

Judul Buku: Sembuh dengan Satu Titik

Penulis: dr.Wadda’ A.Umar

Halaman: xvi + 260 halaman

Cetakan: XVIII, Februari 2015

Penerbit: Al Qowam, Sukoharjo.

Bekam adalah Terapi Utama yang dianjurkan Rasulullah SAW. (foto: adil/ist)
Bekam adalah Terapi Utama yang dianjurkan Rasulullah SAW. (foto: adil/ist)

Oleh:  Muhammad Farid Wajdi

Tulisan Sebelumnya: Ketika Para Dokter Bicara Terapi Bekam

PALONTARAQ.ID – Berbekam atau Hijamah adalah salah satu sunnah Rasulullah SAW. Cukup banyak hadits menyebutkan anjuran untuk berbekam ini, diantaranya adalah:

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya sebaik-baik apa yang kalian lakukan untuk mengobati penyakit adalah dengan melakukan bekam.” (HR: Abu Dawud no. 3857, Ibnu Majah no. 3476, Al Hakim IV/410, Ahmad II/342 dari Abu Hurairah r.a)

Dari Abdullah bin Mas’ud radhiallahu ‘anhu, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan ketika beliau di Isra’kan, tidaklah beliau melewati sekumpulan Malaikat, melainkan mereka meminta kami, “Perintahkanlah ummatmu untuk berbekam.” (HR: At Tirmidzi)

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa berbekam pada hari ketujuhbelas, sembilan belas, dan dua puluh satu (tahun Hijriyyah), maka ia akan sembuh dari segala macam penyakit.” (Shahih Sunan Abi Dawud, II/732).

Berbekam
Berbekam adalah sunnah pengobatan terbaik. Sangat dianjurkan untuk berbekam sebagai Thibbun Nabawi (foto: ist/palontaraq)

Terapi Bekam. (foto: ist/palontaraq)
Terapi Bekam. (foto: ist/palontaraq)

Adapun manfaat bekam (hijamah), diantaranya adalah dapat menyembuhkan rabun mata dan vertigo, penyakit yang berhubungan dengan otak, gemetaran, ketakutan dalam tidur, konjungtivitis, katarak, kudis, mata berair, mata bengkak, luka sariawan, koreng bintik-bintik, exophthalmos, pelebaran pupil mata, koreng di kepala, mengompol, mimisan, telinga bengkak, bisul, sinusitis, sakit gigi dan linu gigi geraham, pendarahan di rahim, encok, rambut rontok, rabies, dan lain sebagainya.

Saat ini, istilah terapi bekam (hijamah) mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Berbagai peralatan bekam pun sudah banyak dijual di pasaran. Selain murah dan mudah dipelajari, terapi bekam ini juga mendapatkan keberkahan jika dipraktekkan karena diakui sebagai sunnah dari Rasulullah SAW.

Manfaat Bekam (foto: ist/palontaraq)
Manfaat Bekam (foto: ist/palontaraq)

Bahkan, para malaikat pun turut serta menganjurkannya. Karenanya terapi bekam bukanlah terapi alternatif, akan tetapi terapi utama. Sehingga selain kesembuhan yang bisa dicapai, seorang muslim juga dianggap sudah melaksanakan sunnah dan mendapatkan fadhilah ittiba Nabi Muhammad SAW.

Penulis buku ini, dr. Wadda’ A. Umar mengawali pembahasannya dengan Bagian Pertama (hal.7), Sekilas tentang Bekam. Dokter yang juga pakar bekam ini memaparkan definisi bekam dan sejarah perkembangannya, bagaimana kedudukan bekam dalam klasifikasi Thibbun Nabawi, perbedaan antara bekam tradisional dan bekam modern, juga menguraikan tentang hadits-hadits tentang Bekam.

Penulisnya, dr.Wadda’ A. Umar juga memaparkan tentang peralatan bekam dan anjurannya kepada calon praktisi dan terapis bekam agar membekam diri sendiri dahulu sebelum membekam orang lain.

Dua Buku Seri "Sembuh dengan Satu Titik" (foto: mfaridwm)
Dua Buku Seri “Sembuh dengan Satu Titik” (foto: mfaridwm)

Pada Bagian Kedua (hal.77) dijelaskan secara spesifik cara membekam dan berbagai teknik bekam yang efektif pada sejumlah titik bekam secara spesifik di dada dan perut, punggung, dan kepala.

Pada Bagian Ketiga (hal.177) dijelaskan Bekam untuk 100 Penyakit, baik berupa gangguan dan nyeri pada otot, tulang, dan seni, gangguan penyakit dalam, penyakit bedah, gangguan penyakit kewanitaan, serta gangguan pada panca indera.

Memasang gelas bekam, lalu mengeluarkan darah dari kulit (pembuluh darah kapiler) pasien bukan masalah sulit bagi kebanyakan Thabib/Praktisi Bekam.

Titik bekam di Kepala. (foto: ist/palontaraq)
Titik bekam di Kepala. (foto: ist/palontaraq)

Hanya saja bukan keahlian ini saja yang dibutuhkan oleh seorang terapis, banyak hal lain yang harus dipahami agar seorang praktisi atau terapis Thibbun Nabawi bisa menjadi pakar dalam pengobatan yang disunnahkan dalam Islam ini.

Sebagai dokter dan praktisi bekam, dr. Wadda’ A Umar telah membuktikan kemujaraban Bekam untuk Pengobatan 100 Penyakit, termasuk didalamnya penyakit yang tergolong kronis.

Untuk memudahkan pemahaman, buku “Dahsyatnya Bekam – Sembuh dengan Satu Titik” ini juga dilengkapi dengan gambar (Titik Bekam Nabi, Meridian, Dada, Perut, Punggung, dan Kepala).

Terbitnya buku ini diharapkan dapat membantu para praktisi bekam dan masyarakat yang ingin mendalami terapi bekam agar menjadi lebih professional.

Dua Buku Seri "Sembuh dengan Satu Titik" (foto: mfaridwm)
Dua Buku Seri “Sembuh dengan Satu Titik” (foto: mfaridwm)

Untuk menjadi lebih professional lagi, penulis menyarankan untuk juga membaca buku “Sembuh dengan Satu Titik 2 – Bekam untuk 7 Penyakit Kronis (Penerbit Thibbia), yang secara spesifik membahas tentang Bekam untuk Penembuhan Penyakit Kanker, Kencing Manis (Diabetes Mellitus), Penyakit Liver, Reumatik, Asam Urat Tinggi (Hiperusemia), Kolesterol Tinggi (Hiperkolesterolemia), dan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi). (*)

Penulis Palontaraqhttps://palontaraq.id/
M. Farid W Makkulau, pemerhati budaya dan penikmat sejarah. Kerap kali menggunakan nama pena Etta Adil saat menulis reportase, karya fiksi dan laporan perjalanan. Pernah menggeluti 10 tahun dunia jurnalistik, sebelum memutuskan mengisolasi diri di lingkungan sekolah islam sebagai seorang guru Selengkapnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

HIGHLIGHT

Arti, Tujuan dan Fungsi menjadi Relawan Pendidikan

  Oleh: Etta Adil PALONTARAQ.ID - Relawan pada hakikatnya adalah kata lain dari Kemanusiaan. Kalau ada orang yang ikhlas, tulus, dan bekerja tanpa pamrih untuk menolong...

Kantin Putri IMMIM dinyatakan sebagai Kantin Sehat

  Laporan: Nurhudayah Lihat pula: Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel kunjungi Hotspot Center Putri IMMIM PALONTARAQ.ID - Satu lagi prestasi yang ditorehkan Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM...

Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel kunjungi Hotspot Center Putri IMMIM

  Lihat pula: Ketua TP PKK Sulsel kunjungi Ponpes Modern Putri IMMIM Laporan: Nurhudayah PALONTARAQ.ID - Dalam kunjungannya ke Kampus Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM Pangkep,...

Santri Putri IMMIM Ikuti Program Pesantren Sehat

  Laporan: Nurhudayah PALONTARAQ.ID - Sebanyak 20-an santriwati didampingi Guru/Pembina Pondok Pesantren Modern (PPM) Putri IMMIM dari perwakilan berbagai tingkatan, Rabu kemarin (18/11/2020) mengikuti dengan hikmat...