BerandaBeritaKemenag Sulsel Gelar Raker PD Pontren

Kemenag Sulsel Gelar Raker PD Pontren

 

Laporan: Dra Nurhudayah

PALONTARAQ.ID – Demi menyamakan persepsi terhadap visi dan misi Kementerian Agama dalam Bidang Pendidian Keagamaan, Selama tiga hari, 9-11 Maret bertempat di Hotel Novotel Makassar, Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Sulawesi Selatan menggelar Rapat Kerja.

Kepala Bidang PD Pontren Kemenag Sulsel, Drs H Suyahdi Sallu, MH mengungkapkan bahwa tujuan diselenggarakannya Raker ini adalah untuk menyiapkan perangkat program kerja yang strategis dalam merespon kebutuhan PD Pontren.

“Raker ini kita laksanakan, salah satu tujuannya sebagai upaya mewujudkan kepedulian, semangat, dan keinginan yang kuat dalam pembinaan lembaga keagamaan secara intensif dan memadai”, ungkapnya di Lobby Hotel Novotal, 9 Maret lalu.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulsel, H. Abdul Thahir saat membuka Raker PD Pontren se-Sulsel. (foto: mfaridwm)
Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulsel, H. Abdul Thahir saat membuka Raker PD Pontren se-Sulsel. (foto: mfaridwm)
Peserta Raker PD Pontren antusias mengikuti materi sampai Pukul 22.00 WITA. (foto: mfaridwm)
Peserta Raker PD Pontren antusias mengikuti materi sampai Pukul 22.00 WITA. (foto: mfaridwm)

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulsel, H. Abdul Thahir dalam sambutan pembukaan Raker PD Pontren tersebut mengharapkan adanya ide dan gagasan segar terhadap perubahan yang lebih baik pendidikan diniyah dan pondok pesantren.

“Karena itu, saya mengharapkan pada raker kali ini, adanya masukan, ide dan gagasan terbaik yang lahir dari para pengelola dan pimpinan pesantren”, harapnya.

Raker PD Pontren yang mengambil tema “Merajut Kebersamaan dalam Membangun Pendidikan Keagamaan Islam yang Tangguh dan Berdaya Saing” ini dihadiri 70 peserta dari Kepala Seksi PD Pontren/Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama se-Sulawesi Selatan, Staf Bidang PD Pontren Kanwil Kemenag Sulsel, Pimpinan Pondok Pesantren, Ketua FKDT Sulsel, Kepala MDT, dan Kepala TKQ/TPQ Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan.

Beberapa peserta Raker berfoto bersama dengan Dr.KH.Imam Syafei, M.Pd, Direktur PD Pontren Kemenag RI (foto: mfaridwm)
Beberapa peserta Raker berfoto bersama dengan Dr.KH.Imam Syafei, M.Pd, Direktur PD Pontren Kemenag RI (foto: mfaridwm)

Sementara selama tiga hari pelaksanaan Raker PD Pontren ini, yang bertindak sebagai Narasumber, diantaranya adalah Direktur PD Pontren Kemenag Pusat, Kabag Perencanaan Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag Pusat, Kabag TU Kanwil Kemenag Sulsel, Kabid PD Pontren, Kasubag Perencanaan dan Keuangan Kanwil Kemenang Sulsel, Kasi Pada Bidang PD Pontren Kanwil Kemenang Sulsel.

Antusias - Para peserta antusias mengikuti Raker PD Pontren selama tiga hari,9-11 Maret 2017 di Barru Ballroom Hotel Novotel (foto: ist/dok.pdpontren)
Antusias – Para peserta antusias mengikuti Raker PD Pontren selama tiga hari,9-11 Maret 2017 di Barru Ballroom Hotel Novotel (foto: ist/dok.pdpontren)

Kepala Bidang PD Pontren Kemenag Sulsel, Drs H. Suyahdi Sallu, MH mengharapkan agar peningkatan lembaga keagamaan formal bertambah di Sulsel, sebagai salah satu upaya mengatasi kelangkaan ulama, khususnya menyangkut keberadaan Pendidikan Diniyah Formal (PDF) yang di Sulsel baru ada dua, dan Ma’had ‘Aly (setingkat Perguruan Tinggi) yang di Sulsel baru ada satu, yaitu Ma’had Aly As’adiyah Sengkang.

“Kita juga mengharapkan agar setiap Pondok Pesantren memiliki ciri khas, seperti misalnya Pondok Pesantren berciri khas Kelautan dan Maritim”, ujarnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT