BerandaDigitalGoogle Bard Berganti Nama Menjadi Gemini

Google Bard Berganti Nama Menjadi Gemini

Laporan: Muhammad Farid Wajdi *)

Related Post: Google Bard tentang Diriku

PALONTARAQ.ID – Masih ingat beberapa bulan lalu, Palontaraq.id memperkenalkan Chat Artificial Intelligence (AI) Google yang dinamai Bard? Kini Google baru saja merilis secara resmi pergantian nama Google Bard menjadi Gemini.

Bard sendiri adalah chatbot AI yang dirilis Google pada tahun 2023, berkemampuan kecerdasan buatan (AI) generatif.  Artinya, chatbot AI ini dapat menghasilkan teks kohesif, relevan, dan menarik berdasarkan input pengguna, baik berupa kata kunci, pertanyaan, atau topik.

Gemini ditenagai oleh model AI Gemini Pro 1.0, dan tersedia dalam 40 bahasa di lebih dari 230 negara. Model ini diklaim lebih akurat, responsif, dan natural dalam berinteraksi dengan pengguna. Selain dapat diakses menggunakan peramban di PC atau laptop, pengguna juga bisa pakai Google Gemini pada perangkat mobile mereka, yakni iOS dan Android.

Google juga ingin menawarkan layanan berbayar disebut Gemini Advanced, dengan dukungan model AI Gemini Ultra 1.0. Model ini diklaim lebih kuat, mendalam, dan kreatif dalam menjalankan berbagai tugas. Gemini Advanced akan didukung oleh model Gemini Ultra 1.0, tersedia di 150 negara lebih, dan bisa dipakai secara gratis selama 2 bulan.

Setelah masa gratis berlalu, pengguna akan dikenakan biaya USD 20 atau sekitar Rp 313 ribuan untuk paket premium Google One AI. Paket ini akan termasuk penyimpanan sebesar 2TB, dan bisa mendapatkan berbagai fitur Google One Premium lainnya.

Perusahaan menyebutkan, akan segera mengaktifkan Gemini di Gmail, Google Docs, dan layanan lainnya. Dengan mengganti nama Bard menjadi Gemini, Google tampaknya ingin memperjelas niatan mereka untuk menantang popularitas ChatGPT, OpenAI. (*)

 

(* Muhammad Farid Wajdi, Pimred Palontaraq.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT