Beranda Islam Pesan Dakwah 22 Ramadan 1441 H: Matahari

Pesan Dakwah 22 Ramadan 1441 H: Matahari

 

Oleh: Prof. dr. Veni Hadju, Ph.D

Related Post: Do’a Puasa Ramadan Hari Ke-22

PALONTARAQ.ID – MATAHARI. The cheapest therapy of Covid-19, apa itu? Sinar matahari.

Cukup dengan berjemur di bawah sinar matahari, dapat dikatakan kadar Vitamin D Anda cukup dan ini akan menolong Anda terhindar dari infeksi atau kematian COVID-19.

Penelitian menunjukkan bahwa kematian Covid-19 pada pasien dengan level vitamin D dalam darah yang cukup hanya 4% sedangkan pada level kurang menjadi 88% dan pada level rendah 99%.

Vitamin D yang aktif dalam tubuh akibat paparan sinar matahari berfungsi sebagai immunomodulator sehingga memperkuat imunitas tubuh.

Sedangkan dua fungsi lainnya terkait dengan kesembuhan Covid-19 adalah fungsi vitamin D sebagai anti inflamasi dan anti trombotik (pembekuan).

Dua hal ini yang dikatakan para ahli sebagai penyebab kematian utama (inflamasi yang hebat dan trombus).

Jadi, kadar Vitamin D yang cukup dapat mencegah kematian akibat Covid-19. Matahari adalah sumber energi utama semua makhluk hidup di muka bumi.

Disamping itu. tubuh manusia membutuhkan paparan sinar matahari untuk pembentukan vitamin D yang mempunyai fungsi penting untuk menjaga kesehatannya.

Matahari adalah pemberian Allah yang gratis, yang selalu muncul setiap hari. Sayangnya hanya sedikit hamba-Nya yang bersyukur dengan menjaga ketaatan atas segala perintah-Nya.

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Wa ja’alnaa siraajaw wahhaajaa, wa anzalnaa minal mu’shiraati maa an tajjaajaa, linukhrija bihii habbaw wanabaataa, wajannaatin alfafaa (QS An-Naba 78:13-16).

Artinya: Dan Kami jadikan pelita yang terang benderang (matahari), dan Kami turunkan dari awan air hujan yang tercurah dengan hebatnya, untuk Kami tumbuhkan dengan air itu biji-bijian dan tanam-tanaman, dan kebun-kebun yang rindang.

NIKMATILAH SINAR MATAHARI DI SIANG HARI UNTUK PERTAHANAN TUBUHMU MELAWAN COVID-19

 

(* Prof dr. Veny Hadju, Ph.D, Guru Besar FKM UNHAS.

Penulis Palontaraqhttps://palontaraq.id/
M. Farid W Makkulau, pemerhati budaya dan penikmat sejarah. Kerap kali menggunakan nama pena Etta Adil saat menulis reportase, karya fiksi dan laporan perjalanan. Pernah menggeluti 10 tahun dunia jurnalistik, sebelum memutuskan mengisolasi diri di lingkungan sekolah islam sebagai seorang guru Selengkapnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

HIGHLIGHT

Kantin Putri IMMIM dinyatakan sebagai Kantin Sehat

  Laporan: Nurhudayah Lihat pula: Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel kunjungi Hotspot Center Putri IMMIM PALONTARAQ.ID - Satu lagi prestasi yang ditorehkan Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM...

Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel kunjungi Hotspot Center Putri IMMIM

  Lihat pula: Ketua TP PKK Sulsel kunjungi Ponpes Modern Putri IMMIM Laporan: Nurhudayah PALONTARAQ.ID - Dalam kunjungannya ke Kampus Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM Pangkep,...

Santri Putri IMMIM Ikuti Program Pesantren Sehat

  Laporan: Nurhudayah PALONTARAQ.ID - Sebanyak 20-an santriwati didampingi Guru/Pembina Pondok Pesantren Modern (PPM) Putri IMMIM dari perwakilan berbagai tingkatan, Rabu kemarin (18/11/2020) mengikuti dengan hikmat...

Ketua TP PKK Sulsel Kunjungi Ponpes Putri IMMIM

  Laporan: Nurhudayah PALONTARAQ.ID - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan Lies F Nurdin secara mendadak melakukan kunjungan silaturrahim ke Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Putri...