Mengenal Industri 4.0

by Penulis Palontaraq | Jumat, Feb 22, 2019 | 167 views
Industri 4.0

Industri 4.0 (foto: ist/sinarnusantaranews)

 

Oleh:  Muhammad Farid Wajdi

DILANSIR oleh BBC Indonesia, Industri 4.0 adalah istilah yang menandai tahapan berikutnya dalam revolusi industri. Revolusi industri pertama didorong oleh alat-alat dengan tenaga uap dan air, kemudian muncul revolusi industri kedua yang menggunakan kekuatan listrik untuk mendorong produksi massal dan lini perakitan (assembly line), sementara revolusi industri ketiga adalah penggunaan komputer dan sistem otomatis.

Baca juga: Unicorn pada Startup

Selanjutnya, di Revolusi Industri 4.0, sistem komputer tersebut kemudian menjadi lebih cerdas, diperkaya oleh data, selain juga sistem berdasarkan pembelajaran mesin. Intinya, bagaimana praktik-praktik industri yang kita kenal sekarang semakin beralih ke teknologi komputerisasi yang canggih dan semakin terotomatisasi di sekitar kita.

Sedangkan menurut Wikipedia, Industri 4.0 menghasilkan “pabrik cerdas”. Di dalam pabrik cerdas berstruktur moduler, sistem siber-fisik mengawasi proses fisik, menciptakan salinan dunia fisik secara virtual, dan membuat keputusan yang tidak terpusat.

Lewat Internet untuk segala (IoT), sistem siber-fisik berkomunikasi dan bekerja sama dengan satu sama lain dan manusia secara bersamaan. Lewat komputasi awan (cloud computing), layanan internal dan lintas organisasi disediakan dan dimanfaatkan oleh berbagai pihak di dalam rantai nilai. (*)

 

 

Like it? Share it!

Leave A Response