BAKTI Siapkan Satria Percepat Layanan Internet

Akses Internet. (foto: ist/palontaraq)

Akses Internet. (foto: ist/palontaraq)

JAKARTA,Palontaraq.id–Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informatika-Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI-Kominfo) saat ini tengah menyiapkan Satelit Republik Indonesia (Satria), berteknologi High Throughput Satellite yang akan selesai konstruksinya pada 2022 dan beroperasi selama 15 tahun.

Direktur Utama BAKTI, Anang Latif, menyebut pemenang pengadaan akan diumumkan beberapa bulan lagi.  “Fokus utama Satria adalah memenuhi internet di 149.400 lokasi dalam dunia pendidikan, kesehatan, pemerintahan daerah, dan pertahanan serta keamanan,” ujar Anang Latif.

Untuk daya jangkau, satelit ini akan menjangkau 54.400 titik di Sumatera, 19.300 titik di Kalimantan (19.300),  19.400 titik di Jawa, 23.900 titik di Sulawesi,  13.900 titik di Bali dan Nusa Tenggara, serta 18.500 titik di Maluku dan Papua dan Maluku. Anang Latif  mengaku bahwa pengadaan satelit ini sebagai upaya pemenuhan infrastruktur internet yang tidak terjangkau oleh Satelit Palapa Ring.

Ia pun berharap Satria dapat menjawab kebutuhan internet yang sangat tinggi, termasuk untuk pribadi maupun pekerjaan. Untuk menunggu Satria terbang ke angkasa, BAKTI menyewa satelit dari lima perusahaan hingga lima tahun ke depan. Kelimanya adalah PT Aplikanusa Lintasarta, PT Indo Pratama Teleglobal, Konsorsium Iforte HTS, PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN), dan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. (*)

Like it? Share it!

Leave A Response