Oleh: Muhammad Farid Wajdi, S.H.I., M.M.  *)

Related Post: Struktur Kurikulum K-13 dan Mata Pelajaran di SMP/MTs

PALONTARAQ.ID – Struktur kurikulum di Kurikulum Merdeka didasari tiga hal, yaitu: berbasis kompetensi, pembelajaran yang fleksibel, dan karakter Pancasila.

Sebagai suatu sekolah berbasis keagamaan (berbentuk Pondok Pesantren Modern) yang bernaung di bawah kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional, maka di Ponpes Modern Putri IMMIM Minasatene-Pangkep juga menerapkan Kurikulum Merdeka.

Berikut adalah beberapa prinsip pengembangan struktur Kurikulum Merdeka.

Struktur Minimum

Struktur kurikulum minimum ditetapkan oleh pemerintah pusat. Namun, satuan pendidikan bisa mengembangkan program dan kegiatan tambahan sesuai dengan visi, misi, dan sumber daya yang tersedia.

Otonomi

Kurikulum memberi kemerdekaan pada satuan pendidikan dan guru untuk merancang proses dan materi pembelajaran yang relevan dan kontekstual.

Sederhana

Perubahan dari kurikulum sebelumnya dibuat seminimal mungkin, namun tetap signifikan. Tujuan, arah perubahan, dan rancangannya dibuat jelas sehingga mudah dipahami sekolah dan pemangku kepentingan.

Gotong Royong

Pengembangan kurikulum dan perangkat ajar adalah hasil kolaborasi puluhan institusi, di antaranya Kementerian Agama, universitas, sekolah, dan lembaga pendidikan lainnya.

Struktur Kurikulum pada Jenjang SMP/MTs dan SMA/MA

Karena Ponpes Modern Putri IMMIM Minasatene-Pangkep mengelola pendidikan pada jenjang SMP/MTs dan SMA/MA dan telah pula meraih akreditasi A, maka Struktur Kurikulum yang diterapkan adalah berdasar kurikulum merdeka, sebagaimana stuktur kurikulumnya dapat didownload berikut ini:

Struktur Kurikulum SMP_MTs

Struktur Kurikulum SMA_MA

Sumber: DISINI

Demikian sedikit yang bisa dijelaskan terkait Struktur Kurikulum SMP/MTs dan SMA/MA di Ponpes Modern Putri IMMIM Minasatene-Pangkep.