BerandaPesantrenCiri dan Karakteristik Pribadi Muslim/Muslimah Sejati

Ciri dan Karakteristik Pribadi Muslim/Muslimah Sejati

Related Post: 10 Karakteristik Pribadi Muslim/Muslimah Sejati

PALONTARAQ.ID – Kepribadian, sifat, karakter dan bahkan keimanan atau ketaqwaan seorang muslim / muslimah sebenarnya tercermin dari bagaimana hablun minallah (hubungannya dengan Allah) dan bagaimana hablun minannas-nya (hubungannya dengan sesama manusia).

Ajaran Islam dengan Al-Qur’anul Karim sudah sangat sempurna sebagai pedoman, acuan, petunjuk atau referensi kehidupan.  Begitupula dengan Al-Hadits, yang sebagian besarnya telah memotret kehidupan ideal, sempurna dan paripurna dari sosok suri tauladan agung, Rasulullah SAW.

Di dalam Al Qur’an disebutkan bahwa Allah SWT tidak mengakui keimanan seseorang manakala kepribadiannya tidak mencerminkan seorang muslim sejati. Sebagaimana firman Allah SWT, yang artinya, “Dan diantara manusia ada yang berkata: kami beriman kepada Allah dan hari akhir, padahal sesungguhnya mereka itu bukanlah orang yang beriman.”

Untuk menjadi muslim sejati, Imam Hasan Al-Banna merumuskan 10 karakteristik muslim yang perlu dibentuk di dalam madrasah tarbawi, pendidikan keislaman, atau Pondok Pesantren. Karakter ini merupakan pilar pertama terbentuknya Masyarakat Islam maupun tertegaknya Sistem Islam dimuka bumi.

Kesepuluh karakter tersebut adalah:

1. Salimul ‘Aqidah (Aqidahnya bersih)

Aqidah yang bersih (salimul aqidah) merupakan salah satu karakter menjadi muslim sejati yang harus ada pada setiap muslim. Dengan aqidah yang bersih, maka seorang muslim tersebut memiliki ikatan kuat kepada Allah SWT dan juga tidak akan pernah menyimpang dari apa yang telah syariatkan.

Sebagaimana Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan mati ku, semua bagi Allah Tuhan semesta alam.(QS 6:162). Karena pada dasarnya memiliki aqidah yang bersih itu sangatlah penting.

2. Shahihul ibadah (Ibadahnya benar)

Ibadah yang benar merupakan salah satu perintah Rasulullah yang penting. Dan ibadah yang sebagai tolak ukur amal yang pertama atau salah satu ibadah yang utama dinilai adalah shalatnya.

Rasulullah Saw menyatakan: “Shalatlah kamu sebagaimana kamu melihat aku shalat.” Dari ungkapan Rasulullah diatas sudah cukup jelas bahwa dari segala macam perbuatan atau setiap beribadatan haruslah merujuk kepada sunnah Rasulullah SAW.

3. Matinul khuluq (Akhlaknya kokoh)

Akhlak yang kokoh atau akhlak yang mulia merupakan salah satu bagian terpenting juga bagi setiap muslim. Baik dalam hubungannya kepada Allah maupun dengan makhluk-nya. Karena memiliki akhlak yang mulia manusia akan hidup bahagia dunia dan akhirat.

Rasulullah SAW diutus ke bumi untuk memperbaiki atau menyempurnakan akhlak para hambanya dan Rasulullah pun telah mencontohkan nya kepada kita. Sesuai firman Allah SWT yang artinya: “Dan sesungguhnya kamu benar-benar memiliki akhlak yang agung.” (QS 68:4).

4. Qowiyyul jismi (Jasmaninya kuat)

Kuat jasmaninya juga point penting yang harus ada pada setiap muslim. Karena untuk menjalankan ibadah-ibadah yang Allah perintahkan seperti shalat, puasa, zakat, dan haji, ataupun segala sesuatu amalan yang harus dikerjakan dengan fisik, kita harus memiliki fisik yang kuat dan sehat.

Oleh karena itu, kesehatan jasmani harus sangat diperhatikan, dijaga imunitasnya dan ditingkatkan staminanya bagi setiap seorang muslim. Maka Rasulullah Saw bersabda: “Mu’min yang kuat lebih aku cintai daripada mu’min yang lemah (HR. Muslim).

5. Mutsaqqoful Fikri (Intelek dalam berpikir)

Intelek dalam berpikir atau memiliki wawasan yang luas adalah salah satu sisi pribadi muslim yang penting. Karena salah satu sifat yang dimiliki Rasulullah SAW adalah Fatonah (cerdas) dan di Al-Quran juga banyak menerangkan banyak ayat yang merangsang kita untuk berpikir (bertadabbur).

Dalam Islam sendiri tidak ada satupun perbuatan yang kita lakukan, kecuali harus dimulai dengan berpikir. Karenanya seorang muslim harus memiliki wawasan yang luas dan keilmuan yang luas.

6. Mujahadatun linafsih (Kuat melawan Hawa Nafsu)

Berjuang dalam melawan hawa nafsu merupakan kepribadian yang harus dimiliki di setiap muslim. Karena semua manusia pasti pasti memiliki kecenderungan hati pada yang baik dan yang buruk.

Oleh karena itu hawa nafsu yang ada pada setiap diri manusia harus diupayakan untuk tunduk pada ajaran Islam. Rasulullah SAW bersabda: “tidak beriman seseorang dari kamu sehingga ia menjadikan hawa nafsunya mengikuti apa yang aku bawa (ajaran Islam). (HR hakim).

7. Haritsun ‘ala waqtihi (Bersungguh-sungguh dalam Memanfaatkan Waktu)

Pandai menjaga waktu adalah faktor penting bagi manusia. Karena banyak sebagian manusia yang lalai akan waktu, tidak disiplin dengan waktu yang diberikan. Padahal Allah SWT banyak bersumpah dalam Al-Qur’an dengan menyebut nama waktu, seperti : waktu Dhuha, waktu ashar,waktu fajar, waktu malam, dan lain-lain.

Maka dari itu kita harus pandai-pandai dalam memanage waktu agar waktu yang telah kita lalui tidak sia-sia begitu saja. Maka diantara yang disinggung Rasulullah SAW adalah memanfaatkan 5 perkara sebelum datang 5 perkara, yaitu: waktu hidup sebelum mati, sehat sebelum sakit, muda sebelum tua, senggang sebelum sibuk, kaya sebelum miskin.

Lihat pula: Hadits tentang Menuntut Ilmu dan Menghargai Waktu

8. Manazhzhamun fi syu’nihi (Teratur dalam Semua Masalah)

Teratur dalam segala urusan salah satu kepribadian yang harus ditekankan pada setiap manusia. Didalam hukum Islam sudah tertata rapih dalam menyelesaikan segala urusan atau masalah baik itu terkait Ubudiyah maupun muamalahnya.

Bersungguh-sungguh, bersemangat dan berkorban, adanya kontinuitas dan berbasis ilmu pengetahuan merupakan diantara yang mendapat perhatian secara serius dalam menunaikan tugas-tugasnya.

9. Qodirun ‘ala kasbi (Mandiri/Mampu Berusaha Sendiri)

Mampu berusaha sendiri atau bisa kita sebut harus mandiri merupakan suatu yang amat diperlukan. Tidak sedikit banyak orang, masalah yang sering dihadapi adalah masalah ekonomi. Oleh karena itu perintah mencari nafkah sangatlah banyak didalam Al Qur’an maupun hadist dan itu memiliki keutamaan yang penting.

10. Naafi’un lighoiri (Bermanfaat bagi orang lain)

Bermanfaat bagi orang lain adalah suatu tuntunan bagi setiap muslim. Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain” (HR qudy dan Jabir).

Maka demikianlah, inilah sedikit yang bisa kami uraikan tentang ciri dan karakteristik pribadi seorang muslim/muslimah sejati sesuai yang telah diajarkan dan dicontohkan Rasulullah SAW.

Tempat yang paling baik mendidik diri menjadi seorang yang berkarakter dan berkepribadian muslim/muslimah sejati, salah satunya adalah Pondok Pesantren. Karena itu, mari kita syukuri jika telah berada dalam lingkungan Pondok Pesantren. Semoga dengan pembelajaran yang ada dalam Pondok Pesantren dapat mendidik diri kita menjadi pribadi muslim/muslimah sejati.

Wallahu ‘alam bish-shawab. (*)

28 KOMENTAR

  1. Assalamualaikum wrwb,saya SANIYAH FATHANAH, setelah membaca Artikel saya menjadi tahu dan paham tentang ciri dan karakteristik pribadi muslimah yang telah diajarkan dan dicontohkan oleh Rasulullah Saw. Dan semoga dengan pembelajaran yang di dapat dari pondok pesantren dapat mendidik kita sebagai pribadi muslimah sejati

  2. Assalamualaikum wr. wb saya Raisatuzzakinah, setelah membaca di atas saya menjadi tau tentang ciri dan karasteristik muslim/muslimah sejati
    Sekian Assalamualaikum wr. wb

  3. Assalamualaikum we.wb
    Saya atifah adistya putri setelah membaca artikel di atas saya menjadi tahu ciri dan karakteristik muslim/muslimah sajati dan semoga pembelajaran di atas dpt bermanfaat untuk kedepan

  4. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Saya Alvita Sahra Ramadani, setelah membaca artikel tersebut saya banyak mengetahui tentang ciri dan karakteristik seorang muslimah sejati yang du anjurkan oleh Rasulullah SAW.
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  5. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh saya SITI SHOFIYA FIRMAN setelah membaca artikel tersebut saya jadi banyak mengetahui karakteristik seorang muslimah sejati yang telah di anjurkan oleh Rasulullah SAW.
    Selain dari saya wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

  6. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.ssetelah saya membaca artikel ini saya dapat mengetahui lebih dalam lagi curi dan karakteristik pribadi muslim atau muslimah sejati.

  7. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.ssetelah saya membaca artikel ini saya dapat mengetahui lebih dalam lagi ciri dan karakteristik pribadi muslim atau muslimah sejati.

  8. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Saya Dara Ivana Izzati Zahra, setelah membaca artikel diatas saya jadi mengetahui ciri dan karakteristik seorang muslim/muslimah sejati.

  9. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Saya Dara Ivana Izzati Zahra, setelah membaca artikel diatas saya jadi mengetahui ciri dan karakteristik seorang muslim/muslimah sejati.
    Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

  10. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh saya ajmel kinanah alamsyah,dari artikel diatas saya dapat menyimpulkan bahwa : Al-Qur’an menyampaikan bahwa Allah SWT tidak mengakui keimanan seseorang jika tidak mencerminkan diri sebagai pribadi muslim/ah sejati, olehnya itu kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi seorang muslim/ah sejati sebagaimana yang ditunjukkan Imam Hasan Al-Banna:
    1. Salimul ‘aqidah (aqidahnya bersih)
    2. Shahihul ibadah (ibadahnya benar)
    3. Matinul khuluq (akhlaknya kokoh)
    4. Qawiyyul Jismi (jasmaninya kuat)
    5. Mutsaqqaful Fikri (intelek dalam berfikir)
    6. Mujahadatun linafsih (kuat jiwanya)
    7. Haritsun ‘ala waqtihi (disiplin waktu)
    8. Munazhzhamun fi syu’unihi (teratur dalam urusannya)
    9. Qadirun ‘ala kasbi (Mandiri)
    10. Nafi’un lighairihi (bermanfaat bagi orang lain) lingkungan Pondok pesantren adalah salahsatu tempat yang paling baik dalam membentuk karakter pribadi muslim/ah sejati.

  11. Saya Haika Blinsia Tenri Betta, dari artikel diatas saya dapat mengetahui ciri dan karakteristik muslimah sejati,, semoga setelah masuk pondok nanti saya dapat menerapkan karakteristik trsebut,, Aamiin

  12. Saya Haika Blinsia Tenri Betta, dari artikel diatas saya dapat mengetahui ciri dan karakteristik muslimah sejati,, semoga setelah masuk pondok nanti saya dapat menerapkan karakteristik trsebut agar supaya saya menjadi muslimah sejati nantinya, Aamiin

  13. Assalamualaikum warahmatullahi wabaraktuh, saya siti Naurah kirana irfhan setelah membaca artikerl diatas, saya merasa sangat banyak kekurangan sebagai seorang muslimah , semoga setelah bergabung nanti dipesantren saya bisa memperbaiki habblu minnallah dan ballu minnanas serta bisa menjadi muslimah sejati insha allah aamiin, terima kasih

  14. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh
    Perkenalkan nama saya aleeya nafeeza, setelah membaca artikel diatas saya menjadi mengetahui ciri dan karakteristik pribadi muslim/muslimah sejati

  15. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu perkenalkan nama saya Nur inayah,dan yang saya dapat ketika membaca artikel yang terdapat pada diatas saya jadi mengetahui ciri ciri karakteristik pribadi muslim/muslimah sejati.

  16. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Perkenalkan saya Aqilah Sadira Dewi R calon santriwati SMA Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep.
    Setelah membaca artikel di atas, saya dapat menyimpulkan bahwa di dalam Islam sudah sangat sempurna untuk sebagai pedoman untuk kehidupan kita, terdapat juga suri tauladan yang dapat kita ambil contoh dalam hidup kita didunia ini. Pedoman dalam Islam itu adalah Al-Quran dan Al hadits,dan suri tauladan kita adalah orang yang paling mulia di dunia ini yaitu nabi Muhammad SAW. Di dalam Al Qur’an, Allah tidak mengakui keimanan seseorang manakala kepribadiannya tidak mencerminkan seorang muslim sejati. Hasan Al Banna merumuskan 10 karakteristik muslim sejati yang perlu dibentuk didalam madrasah tarbawi, pendidikan keislaman dan/atau pondok pesantren. Menurut beliau, karakter ini merupakan pilar pertama terbentuknya masyarakat islam maupun tertegaknya sistem islam dimuka bumi. Sebagai seorang muslim/ah kita harus menjaga keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Kita juga harus memiliki aqidah dan akhlak yang baik. Seorang muslim/ah harus pandai memanfaatkan waktunya, mandiri/bisa berdiri sendiri dan bermanfaat bagi orang lain. Tak lupa pula seorang muslim/ah harus menjaga kesehatan fisiknya, kuat melawan hawa nafsunya, dan teratur dalam semua masalah. Dan yang paling penting dalam pribadi seorang muslim/ah adalah ibadahnya benar. Semoga dengan kesepuluh karakter tersebut dapat menjadi motivasi kita untuk menjadi sosok muslim/muslimah sejati di dunia dan akhirat.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  17. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu, saya Adhwa Fitrah Ramadhani, selama ini saya tidak terlalu banyak mengetahui tentang karakteristik pribadi muslim dan muslimah, setelah saya membaca artikel tersebut saya dapat bnyak skli pelajaran dan motivasi untuk kita menjadi sosok muslim dan muslimah sejati didunia dan diakhirat kelak.

  18. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh saya aqilah putri zulfikar, setelah saya membaca artikel diatas jadi tau karakteristik pribadi seorang muslim/muslimah yg baik
    Dan saya akan menjadi lbh baik

  19. Assalamualaikum saya Andi Nikeysha stelah membaca artikel di atas semoga semasa saya menjadi santri sy mampu & bisa menjalani 10 karakteristik muslim di dalam pondok pesantren ataupun di luar pondok nantinya. Amiin

  20. Assalamualaikum warahmatullahi
    Wabarakatu.nama saya zahrani sakinah
    Setelah saya membaca artikel di atas saya menjadi tahu tentang ciri dan karakteristik
    Muslim sejati.semoga saya mampu menjadi santri yang memiliki karakteristik muslim
    Sejati.

  21. Assalamualaikum, nama saya Nurul Bataritoja.
    Setelah membaca artikel diatas, kini saya lebih mengetahui ciri dan karakteristik pribadi seorang muslimah sejati. InsyaAllah saya akan mencontoh serta menerapkannya dikehidupan sehari hari saya sebagai seorang santriwati yang baik Wassalamu’alaikum.

  22. Assalamualaikum, Nama saya Fathiyyah fatin, setelah membaca artikel di atas, kini saya lebih mengetahui ciri dan karakteristik pribadi seorang muslimah sejati. InsyaAllah saya akan mencontoh serta menerapkannya dikehidupan sehari-hari saya sebagai santriwati yg baik wasalamu’alakum

  23. Assalamualaikum, Nama saya Fathiyyah fatin, setelah membaca artikel di atas, kini saya lebih mengetahui ciri dan karakteristik pribadi seorang muslimah sejati. InsyaAllah saya akan mencontoh serta menerapkannya dikehidupan sehari-hari saya wasalamu’alakum

  24. Assalamualaikum, saya FADYA QUEENSYAFIRA HERMA ,pelajaran yang saya dapat dari artikel diatas, saya mendapatkan ilmu yang lebih tentang ciri ciri dan karakteristik Sorang muslim/ah sejati dan insya Allah saya akan melaksanakannya di sehari hari saya.

  25. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu saya Adhwa Fitrah Ramadhani, saya telah mempelajari artikel diatas dan saya sudah mengetahui lebih banyak tentang ciri dan karakteristik seorang muslimah sejati, dan in sha allah saya akan menerapkannya dikehidupan sehari-hari saya

  26. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh perkenalkan saya NADIA NUR FADHILLAH saya telah mempelajari artikel diatas dan saya sudah mengetahui lebih banyak tentang ciri dan karakteristik seorang muslimah sejati dan in syaa Allah saya akan menerapkan dikehidupan sehari hari saya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT