BerandaBisnisDiperjelas Lagi soal Demo #SaveBabi

Diperjelas Lagi soal Demo #SaveBabi

Oleh:  Asyari Usman

PALONTARAQ.ID – Mohon dibaca sampai selesai. Banyak yang keliru dalam berkomentar di postingan saya sebelum ini yang berjudul “Demo #SaveBabi di Medan Beraspek Politis dan Tak Sensitif”. Karena itu, perlu ada penjelasan tambahan.

Di sepanjang tulisan itu, saya tidak pernah menggunakan kata “Islam”, “masyarakat Islam”, “Kristen” atau “masyarakat Kristen”. Yang saya gunakan antara lain adalah kata “komunitas pendukung #SaveBabi”.

Perlu ditekankan bahwa masalah yang dibicarakan di tulisan itu adalah: pertama, pembuangan bangkai babi secara sembarangan oleh siapa pun itu; kedua, demo #SaveBabi yang mengandung ramuan politis.

Sayangnya, sejumlah komentar dari beberapa akun yang berbeda membawa masalah ini ke wilayah pro-kontra soal halal-haramnya babi. Seolah-olah orang Islam menginginkan pemusnahan babi tanpa alasan.

Bahkan, ada yang mengatakan kematian massal babi di Sumut selama ini disebabkan ada pihak yang sengaja menularkan virus ASF ke babi ternak. Ini jelas sangat ngawur.

Bapak-ibu, saudara-saudari sekalian! Dari sisi kesehatan dan lingkungan, apa pun jenis hewan yang terkena penyakit virus harus ditangani secara benar. Kalau hewan itu mati, bangkainya harus dikuburkan. Sangat berbahaya bagi siapa saja kalau dibuang di alam terbuka: di sungai, di situ, waduk, oase, atau di jalan-jalan.

Saya orang Islam. Saya ingin katakan kalau suatu ketika (semoga tidak terjadi) ada wabah penyakit yang melanda sapi, kerbau, kambing, ayam, unta, dan lain-lain, yang dianggap “hewan untuk orang Islam”, maka harus dilakukan pemusnahan jika semua pihak yang berkompeten menganjurkan itu.

Kemudian, siapa pun (orang Islam atau bukan) yang membuang secara sembarangan bangkai sapi, kambing, unta, ayam, dll, yang mati karena penyakit atau bukan karena penyakit, wajib diproses secara hukum dan dihukum sesuai kesalahan yang mereka lakukan.

Saya juga ingin mengatakan, kalau ada pemusanahan sapi, kerbau, kambing, unta, ayam, dlsb karena wabah penyakit, maka orang Islam tidak perlu menggelar demo #SaveSapi#SaveKerbau#SaveKambing#SaveUnta#SaveAyam, dan lain-lain. Semua hewan itu harus dimusnahkan jika terbukti berpenyakit.

Semoga cukup jelas. Mohon berkomentar dengan suntun.[*]

 

Asyari Usman, 12 Februari 2020

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT