Beranda Kesehatan "Rasulullah is My Doctor" adalah Sunnah Pengobatan Ilahiah-Ilmiah

“Rasulullah is My Doctor” adalah Sunnah Pengobatan Ilahiah-Ilmiah

Buku karya Jerry D. Gray, "Rasulullah is My Doctor". (foto: mfaridwm/palontaraq)
Buku karya Jerry D. Gray, “Rasulullah is My Doctor”. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Oleh:  Muhammad Farid Wajdi

Judul: Rasulullah Is My Doctor

Penulis : Jerry D. Gray

Penerbit: Sinergi-Kelompok Gema Insani

Tahun Terbit: 2014

Jumlah Halaman : 268 halaman

ISBN : 978-979-98988-1-4

PALONTARAQ.ID – Buku ini sebenarnya praktek pengobatan dan kesehatan dari apa yang tertulis dalam Kitab “Thibbun Nabawi, dan telah diterjemahkan dalam buku “Metode Pengobatan Nabi”, namun dalam prakteknya oleh Jerry D. Gray serta pengalamannya bersentuhan dengan pengobatan sunnah.

Di balik penyakit yang Allah SWT berikan,  tersedia pula obat penyembuhnya, yang kesemuanya telah dipahamkan dengan baik lewat kebiasaan hidup Rasulullah SAW, suri tauladan bagi umatnya.

Sepanjang hidupnya, Rasulullah SAW  hanya mengalami sakit tiga kali saja. Dari hidup Rasulullah SAW itulah didapatkan begitu banyak amalan hidup sehat dan sunnah pengobatan.

Rahasia atau resep tetap sehat atau menyembuhkan penyakit itu relatif mudah diamalkan, murah dari segi biaya karena berbahan dasar herba serta tidak susah untuk dipraktikkan.

Dalam kenyataannya, umat Islam seolah telah melangkah jauh meninggalkan panduan hidup sehat yang diajarkan Rasulullah SAW. Hal inilah yang menjadi alasan dari sekian banyak alasan ilmiah yang memotivasi  Jerry D. Gray  menuliskan buku “Rasulullah is My Doctor”.

Ya,  Jerry D. Gray berusaha membuka mata seluruh kaum muslimin untuk kembali kepada sunnah Rasulullah SAW, sesuai pedoman hidup nabi dalam pengobatan (hijamah, ruqyah syar’iyah), mengatasi keluhan sakit serta  mengonsumsi obat-obatan alami (tanaman obat).

Jerry D. Gray, penulis buku ini terkesan berani dan terbuka, menganjurkan untuk meninggalkan pengobatan secara kimiawi (kedokteran barat) yang dianggapnya sebagai penipuan belaka.

Obat-obatan kimiawi dapat menimbulkan efek samping yang banyak,  meredakan penyakit tapi pada saat yang sama  membahayakan anggota tubuh lainnya.

Jerry D. Gray menilai bahwa Pengobatan ala Nabi  (Thibbun Nabawi) dan obat alami  telah terbukti khasiatnya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, kecuali  kematian.

Selain itu,  Jerry mengritik para dokter yang seolah menyembunyikan rahasia besar tentang obat penyembuhan tanpa harus mengonsumsi obat kimiawi atau cara kimiawi lainnya. Tindakan mereka ini bukan ingin menyembuhkan kita, tapi malah mendukung perusahaan farmasi dan iklan-iklan di televisi demi bisnis dan uang belaka.

Dalam buku ini, Jerry D Gray memaparkan peresepan obat dari dua sisi, yaitu dari sisi kebiasaan Rasulullah SAW yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits, serta  dari sisi hasil penelitian dan pengalamannya berupa herba alami.

Dicontohkannya bahwa Rasulullah SAW sering menggunakan media air—baik diminum atau mengompres kepala saat demam, madu sebagai obat segala macam penyakit, melakukan ruqyah, mengonsumsi jintan hitam atau habbatusauda, dan melakukan bekam.

Untuk ramuan obat alami, Jerry memberi tahu tentang khasiat dan cara meramu obat alami tersebut  berdasarkan hasil penelitian dan pengalamannya, yang sebenarnya sangat mudah didapatkan dan tumbuh di sekitar lingkungan kita.

Lewat buku ini, Jerry D Gray memberikan penyadaran  bahwa Al-Qur’an dan Hadits harus menjadi landasan umat Muslim dalam menjalani hidup, termasuk diantaranya dalam mengatasi masalah kesehatan dan pengobatan.

Banyak ayat Al-Qur’an maupun Hadits  yang diriwayatkan seputar masalah kesehatan dan pengobatan ala Rasulullah SAW.  Di buku ini, Jerry D Gray mengajak pembaca agar segera menghentikan konsumsi obat kimiawi dan beralihlah pada Thibbun Nabawi, pengobatan ala Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah Is My Doctor adalah buku best seller karya  Jerry D. Gray, seorang muallaf asal Amerika Serikat dan telah menjadi warga Negara Indonesia.

Jerry D. Gray adalah mantan teknisi Angkatan Udara AS yang setelah menjadi muslim, aktif sebagai da’i yang fokus membahas masalah obat dan pengobatan Islami.  Apa yang dituliskan dalam bukunya ini, menurut penulisnya merupakan penerapan terhadap semua anjuran Rasulullah tentang pola hidup sehat dalam keluarganya. Dan  hasilnya, hidup sehat lahir dan bathin.

Membaca buku ini akan terbuka tabir yang selama ini menutupi keagungan Ajaran Islam, khususnya dalam bidang Kesehatan dan Pengobatan. Misalnya bagaimana Islam menganjurkan umatnya untuk rajin berpuasa,  berbekam, mengonsumsi Habbatussauda,  minum madu, dan lain sebagainya.

Sekalipun Nabi Muhammad SAW hidup 14 abad lampau, namun semua sunnah pengobatannya terbukti secara medis dan dapat dibuktikan secara ilmiah, lebih dari itu adalah keberkahan dalam menjalankan sunnah.

Penulis merekomendasikan buku ini untuk menjadi salah satu buku yang harus ada dalam setiap rumah tangga dan keluarga muslim. Buku Rasulullah is My Doctor merupakan buku Thibbun Nabawi yang lebih ringkas dan terbukti secara praktek, oleh penulisnya sendiri serta oleh banyak hasil penelitian tentang pengobatan herba.

Keseluruhan isi buku ini merupakan sunnah pengobatan yang bersumber dari Alqur’an dan Hadits, sudah terbukti secara empirik efektif hasil pengobatannya, menyajikan secara luar biasa sunnah pengobatan ilahiah-ilmiah.  (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

HIGHLIGHT