Menikmati Putu Kacang Khas Makassar

by Etta Adil | Jumat, Jun 29, 2018 | 609 views
Putu Kacang (foto: mfaridwm/palontaraq)

Putu Kacang (foto: mfaridwm/palontaraq)

Ditengah gencarnya keinginan Masyarakat Pangkep (Sulsel) untuk lebih mengenalkan makanan atau kue tradisional dan memasukkannya ke minimarket dan mall, putu kacang adalah salah satu kue kering khas Bugis Makassar yang bertahan itu. Beberapa waktu lalu, saat jalan-jalan di salah satu minimarket di Pangkajene, penulis sempat mendapati putu kacang sebagai salah satu kue kering yang dipajang. Sayangnya, di Pangkep sendiri belum ada satupun toko kue khusus yang dapat dianggap sebagai toko makanan “Oleh-oleh” dari Pangkep.

Sesuai namanya putu kacang berbahan dasar kacang, tepatnya biji kacang hijau kering yang ditumbuk halus. Proses pembuatan putu kacang sebenarnya sangat sederhana, yaitu biji kacang hijau kering digoreng kering diatas wajan tanpa minyak. Setelah itu biji kacang tersebut ditumbuk sampai halus lalu dicampurkan dengan bahan kedua, yaitu gula pasir yang juga sebelumnya telah ditumbuk halus. Dahulu sebelum mengenal yang namanya Blender, digunakan lesung batu (makassar: assung batu) untuk menumbuk biji kacang kering dan gula pasir tersebut secara terpisah.

Cetakan Putu Kacang. (foto: ist/palontaraq)

Cetakan Putu Kacang. (foto: ist/palontaraq)

Putu Kacang (foto: mfaridwm/palontaraq)

Putu Kacang (foto: mfaridwm/palontaraq)

Setelah ditumbuk sampai halus, bubuk kacang hijau dan gula pasir tersebut dicampur menjadi satu hingga menyatu. Setelah itu dimasukkan dalam cetakan kayu yang memang merupakan cetakan khusus putu kacang dalam berbagai bentuk dan ornament pada bagian dalamnya. Biasanya cetakan putu kacang tersebut diberi bubuk tepung seadanya pada alas (bagian dalam) cetakan agar bubuk kacang hijau itu tidak lengket di cetakan. Selanjutnya, Putu kacang yang sudah terbentuk siap dikeluarkan dari cetakan dan dikeringkan dibawah sinar matahari sampai mengeras. Putu kacang adalah kue kering tradisional yang keras dan dapat bertahan lama, sangat pas untuk dijadikan buah tangan. (*)

Bahan Kue Kering Putu Kacang Hijau :

  • 200 gram kacang hijau, disangrai, kupas kulitnya.
  • 1/4 sendok teh essence vanili.
  • 2 sendok makan air matang.
  • 175 gram gula halus.
Putu Kacang. (foto: cookpad)

Putu Kacang. (foto: cookpad)

Cara Membuat Kue Kering Putu Kacang Hijau :

  • Kacang hijau sangrai dihaluskan dengan blender atau diulek hingga halus. Gunakan saringan yang rapat untuk mendapatkan bubuk kacang hijau yang halus.
  • Campurkan tepung kacang hijau ini dengan bahan-bahan lain yaitu gula halus, vanili, dan air matang hingga menjadi adonan yang pulen.
  • Cetak adonan di cetakan kue satu sambil ditekan-tekan supaya padat.
  • Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dalam suhu 150 derajat Celsius, sampai kering.
  • Setelah matang, angkat cetakan, biarkan kue satu dingin, baru simpan dalam stoples atau sajikan untuk di ruang tamu dan ruang keluarga ditemani dengan teh atau kopi untuk santai bersama keluarga.

Demikian cara membuat kue kering putu Kacang Hijau, Selamat mencoba dan selamat menikmati. (*)

Like it? Share it!

Leave A Response